Kisah Haru Evania Rumbobiar : Anak Tukang Ojek Lulus Berkat Beasiswa di Universitas Pertahanan

Kisah Haru Evania Rumbobiar : Anak Tukang Ojek Lulus Berkat Beasiswa di Universitas Pertahanan

Zona Kuliah | Apakah Anda pernah mendengar kisah Evania Rumbobiar, anak tukang ojek yang berhasil lulus sebagai dokter militer dari Universitas Pertahanan? Kisahnya sangat menginspirasi dan membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil bagi orang yang berani bermimpi dan berjuang. Simak kisah lengkapnya di artikel ini.

Siapa Evania Rumbobiar

Evania Rumbobiar
Evania Rumbobiar

Evania Rumbobiar, seorang anak tukang ojek, berhasil meraih gelar sarjana kedokteran militer dari Universitas Pertahanan Nasional (Unhan) RI. Ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa, mengingat latar belakang keluarganya yang sederhana.

Evania berasal dari Desa Wolo, Kecamatan Wolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Ayahnya, Rumbobiar, bekerja sebagai tukang ojek di kampungnya. Ia hanya mengantongi pendapatan sekitar Rp 50 ribu per hari. Sedangkan ibunya, Siti Aminah, adalah seorang ibu rumah tangga.

Meski hidup pas-pasan, orang tua Evania tidak pernah menyerah untuk menyekolahkan anak-anaknya. Mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi Evania dan adik-adiknya. Evania pun tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan orang tuanya. Ia selalu rajin belajar dan berprestasi di sekolah.

BACA JUGA : Penerimaan Mahasiswa Baru(PMB) Universitas Pertahanan (Unhan) 2024/2025 : Prodi, Persyaratan, Jadwal Seleksi dan Cara Pendaftaran!

Cita Cita Menjadi Dokter

Sejak kecil, Evania bercita-cita menjadi dokter. Ia ingin membantu masyarakat, khususnya di daerahnya, yang masih kekurangan fasilitas kesehatan. Ia juga ingin membahagiakan orang tuanya dengan menjadi anak yang sukses.

Untuk mewujudkan cita-citanya, Evania mengikuti seleksi masuk Unhan RI pada tahun 2019. Ia memilih jurusan kedokteran militer, karena ia tertarik dengan dunia pertahanan dan keamanan. Ia juga ingin mengabdi kepada negara sebagai dokter militer.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa IISMA 2024 : Persyaratan, Benefit dan Cara Pendaftaranya!

Proses Masuk Unhan RI

Seleksi masuk Unhan RI tidak mudah. Evania harus bersaing dengan ribuan peserta lainnya dari seluruh Indonesia. Ia harus melewati berbagai tahapan, mulai dari tes akademik, tes kesehatan, tes psikologi, hingga tes fisik. Namun, dengan tekad dan usaha yang keras, Evania berhasil lolos seleksi dan diterima di Unhan RI.

Selama kuliah di Unhan RI, Evania tidak pernah mengecewakan orang tuanya. Ia selalu berusaha belajar dengan giat dan mengikuti semua kegiatan akademik maupun non-akademik. Ia juga aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan berbagai kegiatan sosial.

BACA JUGA : Beasiswa Cipta Pelita Indonesia 2024 : Syarat, Jalur dan Cara Pendaftaran!

Wisuda Kedokteran Militer

Pada tanggal 12 Februari 2024, Evania akhirnya diwisuda sebagai sarjana kedokteran militer. Ia menjadi salah satu wisudawan terbaik dengan predikat cum laude. Ia juga mendapatkan penghargaan sebagai lulusan terbaik dari jurusan kedokteran militer.

Ini adalah momen haru bagi Evania dan keluarganya. Orang tuanya yang datang dari Bima sangat bangga melihat anaknya berdiri di atas podium. Mereka tidak bisa menahan air mata saat menyematkan toga dan medali kepada Evania.

BACA JUGA : Pengalaman Masuk STMKG Pada Tahun 2015-2016

Evania pun mengucapkan terima kasih kepada orang tuanya yang telah mendukung dan mendoakannya selama ini. Ia juga berterima kasih kepada semua dosen, teman, dan pihak Unhan RI yang telah membantunya menyelesaikan pendidikannya.

Evania berharap, gelar sarjana kedokteran militer yang ia raih bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara. Ia juga berharap, kisahnya bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia, khususnya yang berasal dari keluarga sederhana, untuk terus berjuang dan berprestasi.

BACA JUGA : Apa itu Jurusan Geofisika STMKG?

Youtube

Kesimpulan

Itulah kisah haru Evania Rumbobiar, anak tukang ojek yang lulus berkat beasiswa di Universitas Pertahanan. Ia adalah contoh nyata bahwa pendidikan adalah kunci untuk mengubah nasib.

Semoga kisahnya bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus belajar dan berprestasi. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang program beasiswa di Universitas Pertahanan, silakan kunjungi situs resminya.

Kisah Haru Evania Rumbobiar : Anak Tukang Ojek Lulus Berkat Beasiswa di Universitas Pertahanan
Next Post

No more post

Saya seorang penulis aktif dalam dunia seo dan blogger sejak tahun 2016 hingga saat ini, sudah membuat berbagai jenis konten. situs ini dibuat untuk informasi tentang dunia perkuliahan mulai dari Biaya Kuliah, Beasiswa maupun pengalaman-pengalaman seru didalamnya.

You May Also Like