Apa Itu CAT(Computer Assisted Test)

Apa Itu CAT(Computer Assisted Test) | Di era digital ini, kemajuan teknologi telah meresap ke dalam setiap aspek kehidupan kita, termasuk pendidikan. Salah satu inovasi yang mendapatkan perhatian besar adalah CAT (Computer Assisted Test).

Tapi sebenarnya, apa itu CAT? Bagaimana cara kerjanya? Dan bagaimana dampaknya pada bidang pendidikan? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap rahasia CAT, menerangi potensi dan manfaatnya, serta masa depan yang dihadirkannya bagi para siswa dan pendidik.

BACA JUGA : Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar)

Apa Itu CAT(Computer Assisted Test)

Ujian Berbantu Komputer (Computer Assisted Test/CAT) merupakan inovasi dalam pelaksanaan ujian yang menggantikan penggunaan lembar jawaban dan tumpukan kertas soal yang memerlukan biaya yang tinggi untuk setiap seleksi, dengan cara yang lebih murah dan efisien.

CAT adalah metode evaluasi yang menggunakan teknologi komputer untuk melaksanakan ujian dan mengukur kemampuan seseorang secara otomatis.

Berbeda dengan ujian konvensional yang dilakukan secara manual, CAT menggunakan algoritma cerdas yang dirancang untuk menyajikan pertanyaan yang sesuai dengan kemampuan individu yang sedang diuji.

Dengan memanfaatkan teknologi komputer dan psikometri, CAT membantu menciptakan pengalaman ujian yang personal dan efisien.

BACA JUGA : Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember

Keunggulan CAT

Keunggulan CAT tentunya sangatlah banyak selain menghemat anggaran negara juga:

1. Tidak repot lagi melingkari lembar jawaban.

2. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.

3. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional.

4. Mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme.

Untuk Informasi mengenai berbagai sekolah Kedinasan seperti BIN, STAN, IPDN silahkan kunjungi
halaman depan zonakuliah.com

Tidak Repot

Tentu saja karena ketika anda akan mengikuti test ini,anda tidak perlu membawa apapun,termasuk pensil,ballpoint,penghapus atau alat tulis lainnya,karna kita hanya tinggal menggerakkan cursor mouse computer untuk menentukan jawaban

Login

Cara kerja Computer Assisted Test sangatlah simpel. Pertama kita akan login menggunakan No PIN yang diberikan panitia,setelah login maka akan tampil data peserta apabila ada ketidaksesuaian diwajibkan untuk melaporkannya ke panitia.Apabila semua data telah sesuai maka klik tombol mulai ujian,maka lembar soal akan tampil.

Waktu

Ketika anda mulai menekan tombol mulai ujian maka pada saat itu pula waktu hitung mundur akan mulai berjalan,jadi nanti jangan heran kalo misalnya ada peserta di samping anda masih bisa mengerjakan soal sementara anda sudah tidak bisa lagi mengerjakan soal karna waktunya sudah habis.

mungkin saja anda lebih awal memulai ujiannya dan rekan di samping anda lebih lambat ketika mengklik tombol mulai ujian,tapi tidak usah khawatir jumalah waktu tiap peserta tetap sama.

BACA JUGA : Panduan Lengkap Bidik Misi Dikti 2023 : Cara pendaftaran, Syarat dan Tips Mendapatkan Beasiswa!

Cara Kerja CAT

Cara kerja CAT adalah dengan cukup mengklik opsi yang sesuai menurut Anda. Bentuk soalnya sama seperti soal pilihan berganda pada umumnya.

Namun, kita diberikan kemudahan dalam memilih jawaban karena cukup dengan mengklik opsi A jika jawaban kita A, atau D jika jawaban kita D. Sangat sederhana, hahahaaa.

Kemudian, di bagian bawah monitor pasti terdapat kotak persegi panjang. Kotak tersebut memungkinkan kita untuk melewati soal yang sulit atau jika kita ingin mengerjakan soal Bahasa Inggris, sementara pada layar monitor muncul soal Matematika.

Anda tinggal mengklik kotak persegi panjang tersebut, memilih nomor soal yang menampilkan soal Bahasa Inggris.

BACA JUGA : Panduan Beasiswa BPI Kemendikbudristek 2023 : Persyaratan dan Cara Daftarnya!

Cara Penilaian

Metode penilaian didasarkan pada petunjuk dari panitia, yang mungkin memberikan penalti nilai untuk jawaban yang salah. Sistem penilaian menggunakan mekanisme di mana skor nilai langsung dikirim ke operator saat kita mengerjakan sebuah soal dan jawaban kita benar.

Berdasarkan pengalaman pribadi saat mengikuti ujian CAT, monitor operator terhubung langsung dengan monitor di ruang tunggu tempat ujian dilakukan (biasanya di kantor BKN). Hal ini menciptakan transparansi dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan.

Misalnya, jika Anda mengikuti ujian CAT dan membawa saudara atau orangtua, mereka juga dapat melihat skor dan peringkat Anda secara real-time saat ujian berlangsung, detik demi detik.

Jadi, bukan hanya Anda yang khawatir memikirkan soal, tetapi saudara atau orangtua Anda juga akan merasakan kegugupan melihat skor dan peringkat Anda yang kadang-kadang naik dan kadang-kadang turun karena kebingungan dalam memilih jawaban. Hahahah.

Setelah selesai mengerjakan soal atau waktu habis, soal-soal akan secara otomatis tertutup dan skor hasil kerja akan langsung terpampang di monitor.

Jika lulus, Alhamdulillah. Jika tidak, mungkin belum menjadi takdir. Kita tidak perlu menunggu lama-lama dengan perasaan cemas dan bertanya-tanya, “Apakah saya lulus?”.

Menyelesaikan ujian

Untuk menyelesaikan ujian, terdapat dua cara yang dapat dilakukan:

1. Menunggu hingga waktu habis: Pada metode ini, kita tidak perlu melakukan apa pun karena soal akan tertutup secara otomatis ketika waktu habis.

Biasanya, akan ada peringatan di monitor kita ketika waktu tersisa kurang dari 3 menit. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa jawaban yang telah Anda pilih sudah benar.

Recek kembali jawaban Anda untuk menghindari kesalahan khilaf, hehehe.

2. Langsung mengklik tombol “Selesai Ujian”: Dalam metode ini, kita dapat langsung mengklik tombol “Selesai Ujian” pada monitor, meskipun masih ada waktu yang tersisa.

Setelah mengklik tombol tersebut, monitor akan menutup soal dan menampilkan skor yang telah Anda peroleh.

Setelah itu, tidak ada lagi kemungkinan untuk kembali ke proses pengerjaan soal. Menurut saya, lebih baik tidak terburu-buru dan pastikan terlebih dahulu bahwa jawaban Anda sudah benar, daripada menyesal nantinya.

BACA JUGA : Panduan Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Caltek Riau Terbaru 2023/2024

Kesimpulanya

Dengan segala potensi dan manfaat yang dimilikinya, CAT (Computer Assisted Test) telah mengubah lanskap pendidikan modern.

Metode evaluasi ini tidak hanya menyajikan pengalaman ujian yang personal dan efisien, tetapi juga membantu pendidik dan siswa untuk memahami kemampuan mereka dengan lebih baik.

Dalam era digital yang terus berkembang, CAT menjadi tonggak penting dalam menghadapi tantangan pendidikan masa depan.

Dengan demikian, mari kita terus menjelajahi, mengadopsi, dan memanfaatkan CAT untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif, efektif, dan inovatif.

Jika ada pertanyaan, silakan komentar saja, hehehe.

Saya seorang penulis aktif dalam dunia seo dan blogger sejak tahun 2016 hingga saat ini, sudah membuat berbagai jenis konten. situs ini dibuat untuk informasi tentang dunia perkuliahan mulai dari Biaya Kuliah, Beasiswa maupun pengalaman-pengalaman seru didalamnya.

You May Also Like