Info Beasiswa BPP Kemenag 2023 : Cara Daftar, Syarat dan Jadwal Pendaftaranya!

Info Beasiswa BPP Kemenag 2023 : Cara Daftar, Syarat dan Jadwal Pendaftaranya!

ZONA KULIAH | Bagi Anda yang merupakan mahasiswa pascasarjana yang mengejar gelar S2 atau S3 dan mendanai pendidikan sendiri, ada kabar baik untuk Anda. Kementerian Agama, melalui Lewat Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), memberikan bantuan dalam bentuk Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP).

Program ini merupakan bagian dari Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag, dan bertujuan untuk mendukung mahasiswa seperti Anda dalam menyelesaikan studi dengan lebih efisien dan efektif. Nah, berikut ini kami sajikan lebih lengkap Beasiswa BPP Kemenag 2023 Mulai Cara Daftar, Syarat dan Jadwal Pendaftaranya.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Lupa Password Login SSCASN Terbaru 2023

Apa Itu Beasiswa BPP 2023?

Beasiswa BPP Kemenag 2023
Beasiswa BPP Kemenag 2023

Beasiswa BPP 2023 adalah program afirmasi yang baru digulirkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia. Program ini ditujukan untuk mahasiswa yang sedang mengejar gelar Pascasarjana, S2, dan S3 di perguruan tinggi dalam negeri.

Salah satu hal yang pasti menarik adalah besarnya nilai beasiswa BPP Kemenag 2023, yang bisa mencapai hingga Rp 25 juta per mahasiswa. Ini adalah peluang emas bagi siapa pun yang ingin meraih impian pendidikan tinggi di Jakarta.

BACA JUGA : Inilah 16 Daftar Link Pembelian e-Meterai Resmi Terbaru 2023

Kerja Sama yang Membawa Harapan

Program Beasiswa BPP 2023 merupakan hasil kerja sama antara Kemenag dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Lebih jauh lagi, BPP 2023 juga menjadi bagian dari Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung pendidikan tinggi dan peningkatan SDM.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menjelaskan bahwa Beasiswa BPP 2023 tidak hanya sekadar program pembiayaan penuh (full scholarship).

BPP adalah upaya pendampingan dan dukungan nyata dari Kemenag untuk meningkatkan profesionalisme SDM Kementerian Agama. Ini juga berfungsi sebagai sarana untuk menyelesaikan studi dengan cepat, tepat, dan berkualitas.

Manfaat Beasiswa BPP Kemenag 2023

Manfaat dari program BPP Kemenag 2023 ini sangat luas. Guru Besar UIN Bandung berharap bahwa BPP Kemenag S2 dan S3 dapat meningkatkan mutu alumni Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK), Guru, Dosen, Tenaga Kependidikan pada PTK, dan pegawai Kementerian Agama.

Dengan demikian, beasiswa ini berpotensi menciptakan efek berantai yang positif dalam sistem pendidikan dan masyarakat.

Direktur Perguruan Tinggi Agama Islam, Ahmad Zainul Hamdi, menambahkan bahwa BPP Dalam Negeri diberikan kepada Dosen, Guru, Tenaga Kependidikan, Alumni PTK, dan Pegawai Kemenag yang sedang menempuh studi S2 dan S3 dengan biaya mandiri.

Penting untuk dicatat bahwa BPP Kemenag 2023 hanya diberikan kepada mereka yang belum pernah menerima beasiswa sejenis.

BACA JUGA : Info Beasiswa Berprestasi Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi 2023 S1 UGM

Persyaratan Penerima Beasiswa BPP Kemenag 2023

Anda tentu penasaran tentang persyaratan untuk menjadi penerima Beasiswa BPP Kemenag 2023. Berikut adalah beberapa persyaratan utama yang harus Anda penuhi:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI): Program ini hanya tersedia untuk Warga Negara Indonesia.
  2. Keluarga Besar Kementerian Agama: Anda harus memiliki hubungan dengan Kementerian Agama.
  3. Mahasiswa Aktif: Anda harus berstatus sebagai mahasiswa aktif minimal di semester 3.
  4. IPK Minimal 3.25: Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Anda harus minimal 3.25 (skala 4.00).
  5. Perguruan Tinggi Terakreditasi A/B: Anda harus berkuliah di perguruan tinggi yang telah terakreditasi A/B.
  6. Tidak Sedang Menerima Beasiswa Lain: Anda tidak boleh sedang menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi menyebabkan double funding dari APBN.
  7. Lulus Seminar Proposal Tesis/Disertasi: Jika Anda sedang mengejar gelar S3, Anda harus telah lulus Seminar Proposal Tesis/Disertasi.
  8. Rekomendasi dari Pimpinan Tempat Tugas/Instansi Asal: Anda perlu mendapatkan rekomendasi dari pimpinan tempat tugas atau instansi asal Anda.
  9. Rekomendasi dari Pembimbing Tesis: Jika Anda adalah mahasiswa S3, Anda harus mendapatkan rekomendasi dari pembimbing tesis Anda.
  10. Bersedia Menandatangani Pakta Integritas: Anda harus bersedia untuk menandatangani pakta integritas.

Cara Pendaftaran

Jika Anda memenuhi semua persyaratan di atas, maka saatnya untuk mengajukan diri sebagai penerima Beasiswa BPP Kemenag 2023. Berikut langkah-langkah pendaftarannya:

  1. Buka Link Pendaftaran: Pertama, buka link website resmi pendaftaran Beasiswa BPP Kemenag 2023, yaitu https://beasiswa.kemenag.go.id.
  2. Lengkapi Profil Peserta: Isi profil peserta dengan data identitas diri, data keluarga, data pendidikan, data prestasi akademik dan/atau non-akademik, data kemampuan bahasa, dan data organisasi.
  3. Pilih Jenis Beasiswa: Pilih jenis beasiswa yang ingin Anda ikuti dan lengkapi semua dokumen persyaratan sesuai dengan jenis beasiswa yang Anda pilih. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut di laman https://beasiswa.kemenag.go.id.
  4. Pemantauan Tahapan Seleksi: Anda dapat melihat tahapan seleksi beasiswa yang diikuti pada dasbor pendaftar. Pastikan Anda selalu memantau perkembangan pendaftaran Anda.

BACA JUGA : SMA Taruna Nusantara : Syarat, Biaya dan Jalur Masuknya!

Jadwal Pendaftaran BPP Kemenag 2023

Bagi yang tertarik dengan Beasiswa BPP Kemenag 2023, inilah jadwal penting yang perlu Anda catat:

  1. Pengumuman Beasiswa: 11 – 20 Oktober 2023.
  2. Pendaftaran Beasiswa: 11 – 20 Oktober 2023.
  3. Seleksi Administrasi: 23–25 Oktober 2023.
  4. Pengumuman Hasil Seleksi: 31 Oktober 2023.

Kesimpulan

Beasiswa BPP 2023 adalah peluang luar biasa bagi mahasiswa Pascasarjana di Indonesia. Dengan besaran nilai beasiswa yang menggiurkan, ini adalah kesempatan untuk meraih impian pendidikan Anda dengan dukungan penuh dari Kementerian Agama.

Pastikan Anda memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dan jangan lewatkan kesempatan ini. Buka https://beasiswa.kemenag.go.id segera dan daftarkan diri Anda untuk Beasiswa BPP Kemenag 2023.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Apa manfaat utama dari Beasiswa BPP Kemenag 2023?

Manfaat utama dari Beasiswa BPP Kemenag 2023 adalah mendapatkan dukungan keuangan yang signifikan untuk menyelesaikan studi S2 atau S3 secara cepat, tepat, dan berkualitas. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu alumni Perguruan Tinggi Keagamaan, Guru, Dosen, Tenaga Kependidikan pada PTK, dan pegawai Kementerian Agama.

Apakah saya bisa menerima Beasiswa BPP Kemenag 2023 jika saya sudah pernah menerima beasiswa sejenis?

Tidak, Beasiswa BPP Kemenag 2023 hanya diberikan kepada mereka yang belum pernah menerima beasiswa sejenis.

Di mana saya dapat mendaftar untuk Beasiswa BPP Kemenag 2023?

Anda dapat mendaftar untuk Beasiswa BPP Kemenag 2023 melalui laman resmi https://beasiswa.kemenag.go.id. Pastikan Anda mengikuti panduan pendaftaran dengan cermat untuk kesempatan terbaik Anda.

Saya seorang penulis aktif dalam dunia seo dan blogger sejak tahun 2016 hingga saat ini, sudah membuat berbagai jenis konten. situs ini dibuat untuk informasi tentang dunia perkuliahan mulai dari Biaya Kuliah, Beasiswa maupun pengalaman-pengalaman seru didalamnya.

You May Also Like