Daftar Beasiswa S1 Dalam Negeri Yang Paling Dicari Mahasiswa

Daftar Beasiswa S1 Dalam Negeri Yang Paling Dicari Mahasiswa

Zona Kuliah | Beasiswa adalah salah satu cara untuk meringankan beban biaya pendidikan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik atau non-akademik yang baik. Beasiswa juga bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk terus belajar dan berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa.

Di Indonesia, ada banyak program beasiswa S1 dalam negeri yang ditawarkan oleh berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun yayasan. Beberapa program beasiswa S1 dalam negeri bahkan memberikan bantuan biaya pendidikan secara penuh atau full, sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir lagi dengan masalah keuangan.

BACA JUGA : Ingin Jadi Peneliti Handal? Daftar Beasiswa DBR BRIN 2024 Sekarang Juga!

Namun, tidak semua program beasiswa S1

mudah untuk didapatkan. Beberapa program beasiswa memiliki persyaratan yang ketat, proses seleksi yang kompetitif, dan kuota yang terbatas. Oleh karena itu, mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik, mulai dari mengumpulkan berkas, mengikuti tes, hingga wawancara.

Selain itu, mahasiswa juga harus mengetahui informasi terkini tentang program beasiswa yang tersedia, baik melalui media online, sosial, maupun offline. dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang lima program beasiswa S1 dalam negeri yang paling diminati mahasiswa, yaitu:

Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa KIP Kuliah
Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa KIP Kuliah adalah program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada mahasiswa dari keluarga miskin atau rentan miskin yang berprestasi. Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Beasiswa KIP Kuliah memberikan bantuan biaya pendidikan berupa uang kuliah tunggal (UKT) dan biaya hidup yang disesuaikan dengan klaster perguruan tinggi dan wilayah tempat tinggal mahasiswa. Beasiswa ini berlaku selama empat tahun atau delapan semester, dengan syarat mahasiswa harus lulus tepat waktu dan mempertahankan IPK minimal 2,75.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar Beasiswa KIP Kuliah adalah:

  • Siswa lulusan SMA sederajat yang memiliki KIP sekolah menengah
  • Terdata dalam basis data kesejahteraan sosial
  • Jika bukan merupakan penerima KIP sekolah menengah, maka harus memenuhi syarat miskin atau rentan miskin dengan bukti:
    • Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000
    • Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Jadwal pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah dibuka sejak 12 Februari 2024 sampai dengan 31 Oktober 2024. Mahasiswa yang lolos beasiswa ini akan menerima tunjangan berdasarkan lima klaster, yaitu:

  • Klaster 1: Rp 800.000 per bulan
  • Klaster 2: Rp 950.000 per bulan
  • Klaster 3: Rp 1.100.000 per bulan
  • Klaster 4: Rp 1.250.000 per bulan
  • Klaster 5: Rp 1.400.000 per bulan

Untuk informasi lebih lanjut tentang Beasiswa KIP Kuliah, kamu bisa mengunjungi laman resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

BACA JUGA : Jangan Sampai Salah Pilih! Ini 20 Jurusan S1 Teknik yang Paling Berpeluang Lolos CPNS 2024

Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia
Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Generasi Baru Indonesia (GenBI) di bawah naungan Bank Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi muda yang dianggap sebagai faktor penentu dalam perkembangan dan kesejahteraan negara.

Beasiswa Bank Indonesia memberikan bantuan biaya pendidikan secara full kepada mahasiswa S1 yang berprestasi di perguruan tinggi negeri unggulan yang bekerja sama dengan Bank Indonesia. Selain itu, beasiswa ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkontribusi dalam pengembangan GenBI, berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, dan mendapatkan bimbingan dari mentor profesional.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar Beasiswa Bank Indonesia adalah:

  • Mahasiswa S1 yang sedang aktif dan telah menyelesaikan setidaknya 40 SKS atau tiga semester
  • Berusia maksimal 23 tahun (atau 27 tahun untuk mahasiswa Orang Asli Papua di Papua dan Papua Barat)
  • IPK minimal 3,00 dan dapat mempertahankannya hingga semester akhir
  • Aktif berorganisasi baik di dalam maupun di luar kampus
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain atau terikat dengan instansi lain
  • Bersedia mengambil peran aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia

Jadwal pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia biasanya dibuka pada bulan Maret hingga April setiap tahunnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Beasiswa Bank Indonesia, kamu bisa mengunjungi laman resmi bi.go.id.

BACA JUGA : Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia 2024 : Persyaratan, Uang Saku dan Cara Pendaftaran

Beasiswa Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa Djarum Beasiswa Plus
Beasiswa Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Yayasan Djarum untuk mahasiswa S1 berprestasi di perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp 1.500.000 per bulan selama empat tahun atau delapan semester.

Selain itu, beasiswa ini juga memberikan fasilitas lain seperti pelatihan kepemimpinan, pengembangan diri, pengabdian masyarakat, dan kunjungan industri. Beasiswa ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang unggul, mandiri, dan berjiwa sosial.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar Djarum Beasiswa Plus adalah:

  • Mahasiswa S1/D4 di semester 4 semua jurusan
  • IPK minimal 3,00 serta dapat mempertahankannya hingga semester akhir
  • Aktif berorganisasi baik di dalam maupun di luar kampus
  • Tidak sedang menerima beasiswa lain
  • Kuliah di mitra perguruan tinggi program Djarum Beasiswa Plus

Jadwal pendaftaran Djarum Beasiswa Plus biasanya dibuka pada bulan Mei hingga Juni setiap tahunnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Djarum Beasiswa Plus, kamu bisa mengunjungi laman resmi djarumbeasiswaplus.org.

BACA JUGA : Kisah Haru Evania Rumbobiar : Anak Tukang Ojek Lulus Berkat Beasiswa di Universitas Pertahanan

Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan
Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada mahasiswa dan mahasiswi pilihan baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan secara full, termasuk biaya hidup, buku, penelitian, dan transportasi. Beasiswa ini bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul, berdaya saing, dan berintegritas.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar Beasiswa Unggulan adalah:

  • Mahasiswa S1/D4 yang berprestasi akademik dan/atau non-akademik
  • IPK minimal 3,25 dan dapat mempertahankannya hingga semester akhir
  • Aktif berorganisasi dan berkontribusi bagi masyarakat
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain
  • Memiliki rekomendasi dari perguruan tinggi

Jadwal pendaftaran Beasiswa Unggulan biasanya dibuka pada bulan Juli hingga Agustus setiap tahunnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Beasiswa Unggulan, kamu bisa mengunjungi laman resmi beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

BACA JUGA : Info PMB Universitas Muhammadiyah Jakarta(UMJ) 2024-2025 : Jalur Seleksi, Biaya Kuliah dan Cara Pendaftaranya!

Beasiswa BSI Berprestasi

Beasiswa BSI Berprestasi
Beasiswa BSI Berprestasi

Beasiswa BSI Berprestasi adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Bina Sarana Informatika (BSI) untuk mahasiswa S1 berprestasi di bidang informatika dan teknologi informasi. Beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp 2.000.000 per semester selama empat tahun atau delapan semester.

Selain itu, beasiswa ini juga memberikan fasilitas lain seperti laptop, buku, dan sertifikat. Beasiswa ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang kompeten, kreatif, dan inovatif di era digital.

BACA JUGA : Info PMB Universitas Lampung (Unila) 2024-2025 : Jalur Masuk, Program Studi dan Biaya Kuliah

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar Beasiswa BSI Berprestasi adalah:

  • Mahasiswa S1/D4 di semester 1 atau 2 jurusan informatika dan teknologi informasi
  • IPK minimal 3,50 dan dapat mempertahankannya hingga semester akhir
  • Aktif berorganisasi dan berpartisipasi dalam kegiatan akademik maupun non-akademik
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain
  • Kuliah di kampus BSI yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Makassar, dan Medan

Jadwal pendaftaran Beasiswa BSI Berprestasi biasanya dibuka pada bulan Januari hingga Februari setiap tahunnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Beasiswa BSI Berprestasi, kamu bisa mengunjungi laman resmi [bsi.ac.id].

Kesimpulan

Demikianlah informasi tentang lima program beasiswa S1 dalam negeri yang paling diminati mahasiswa. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam mencari beasiswa yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan diri dengan baik dan berdoa agar dapat lolos seleksi beasiswa. Semoga sukses! 😊

Saya seorang penulis aktif dalam dunia seo dan blogger sejak tahun 2016 hingga saat ini, sudah membuat berbagai jenis konten. situs ini dibuat untuk informasi tentang dunia perkuliahan mulai dari Biaya Kuliah, Beasiswa maupun pengalaman-pengalaman seru didalamnya.

You May Also Like