Ingin Jadi Peneliti Handal? Daftar Beasiswa DBR BRIN 2024 Sekarang Juga!

Ingin Jadi Peneliti Handal Daftar Beasiswa DBR BRIN 2024 Sekarang Juga!

Zona Kuliah | Apakah Anda memiliki minat dan bakat di bidang riset dan penelitian? Apakah Anda ingin melanjutkan studi S2 atau S3 dengan fokus pada riset? Jika jawaban Anda ya, maka Anda tidak boleh melewatkan kesempatan emas ini.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kembali membuka pendaftaran beasiswa Degree By Research (DBR) untuk jenjang S2 dan S3 tahun 2024. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan potensi dan kontribusi mereka di dunia riset dan inovasi nasional.

Nah, berikut ini kami akan menyajikan informasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber. mari simak selengkapnya dibawah ini.

Apa itu Beasiswa DBR BRIN 2024?

Apa itu Beasiswa DBR BRIN 2024
Apa itu Beasiswa DBR BRIN 2024

Beasiswa DBR BRIN 2024 adalah program beasiswa yang diberikan oleh BRIN untuk mendukung mahasiswa yang sedang menempuh program S2 atau S3 berbasis riset di perguruan tinggi dalam negeri yang telah bekerja sama dengan BRIN.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas peneliti dan inovator nasional, serta menghasilkan riset dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan bangsa.

Beasiswa DBR BRIN 2024 merupakan salah satu program unggulan BRIN yang telah berjalan sejak tahun 2019. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 1.000 penerima beasiswa DBR BRIN yang tersebar di berbagai perguruan tinggi dan bidang riset.

Beberapa bidang riset yang didukung oleh beasiswa ini antara lain adalah teknologi informasi dan komunikasi, energi, kesehatan, pertanian, kelautan, lingkungan, dan sosial humaniora.

BACA JUGA : Inilah Jurusan Kuliah Siswa Ips Yang Menjanjikan di Masa Depan

Daftar Perguruan Tinggi Dengan Program ByResearch

Daftar Perguruan Tinggi Dengan Program ByResearch
Daftar Perguruan Tinggi Dengan Program ByResearch

Baik, saya akan mencoba menjelaskan daftar perguruan tinggi dengan program by research yang saya berikan sebelumnya. Berikut adalah penjelasannya:

  • Universitas Indonesia: UI adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang memiliki visi menjadi universitas riset kelas dunia. UI memiliki 14 fakultas dan 3 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UI juga memiliki lebih dari 50 pusat studi dan penelitian yang berkolaborasi dengan berbagai lembaga nasional dan internasional, termasuk BRIN.
  • Institut Teknologi Bandung: ITB adalah perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia yang berfokus pada bidang teknik, sains, seni, dan bisnis. ITB memiliki 12 fakultas dan 4 sekolah pascasarjana yang menyediakan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. ITB juga memiliki lebih dari 60 laboratorium dan pusat penelitian yang dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan canggih, termasuk superkomputer dan satelit.
  • Universitas Gadjah Mada: UGM adalah perguruan tinggi negeri terbesar di Indonesia yang memiliki misi menjadi universitas riset berkelas dunia yang unggul dan inovatif. UGM memiliki 18 fakultas dan 3 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UGM juga memiliki lebih dari 70 pusat studi dan penelitian yang bergerak di bidang pertanian, kedokteran, farmasi, teknik, ilmu alam, ilmu sosial, dan ilmu humaniora.
  • Universitas Padjajaran: UNPAD adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bandung dan Jatinangor yang memiliki visi menjadi universitas riset unggul di Asia. UNPAD memiliki 16 fakultas dan 2 sekolah pascasarjana yang menyediakan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UNPAD juga memiliki lebih dari 40 pusat studi dan penelitian yang berkolaborasi dengan berbagai lembaga riset dan industri dalam dan luar negeri.
  • Institut Pertanian Bogor: IPB adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bogor yang memiliki misi menjadi universitas riset berwawasan agrokompleks. IPB memiliki 9 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. IPB juga memiliki lebih dari 50 pusat studi dan inovasi yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, biologi, dan teknologi pangan.
  • Institut Teknologi Sepuluh November: ITS adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Surabaya yang memiliki visi menjadi universitas riset berbasis teknologi dan inovasi. ITS memiliki 10 fakultas dan 2 sekolah pascasarjana yang menyediakan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. ITS juga memiliki lebih dari 30 pusat penelitian dan pengembangan yang berfokus pada bidang teknologi informasi dan komunikasi, energi, transportasi, dan lingkungan.
  • Universitas Diponegoro: UNDIP adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Semarang yang memiliki visi menjadi universitas riset berwawasan global. UNDIP memiliki 11 fakultas dan 2 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UNDIP juga memiliki lebih dari 20 pusat studi dan penelitian yang bergerak di bidang kesehatan, kelautan, teknik, ilmu sosial, dan ilmu budaya.
  • Universitas Hasanuddin: UNHAS adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Makassar yang memiliki visi menjadi universitas riset unggul di Indonesia Timur. UNHAS memiliki 14 fakultas dan 2 sekolah pascasarjana yang menyediakan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UNHAS juga memiliki lebih dari 10 pusat studi dan penelitian yang bergerak di bidang pertanian, kedokteran, teknik, ilmu alam, ilmu sosial, dan ilmu humaniora.
  • Universitas Sebelas Maret: UNS adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Solo yang memiliki visi menjadi universitas riset berwawasan kewirausahaan. UNS memiliki 11 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UNS juga memiliki lebih dari 10 pusat studi dan penelitian yang bergerak di bidang pertanian, kedokteran, teknik, ilmu alam, ilmu sosial, dan ilmu budaya.
  • Swinburne University of Technology: Swinburne adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Melbourne, Australia yang memiliki visi menjadi universitas riset berbasis inovasi dan dampak. Swinburne memiliki 5 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. Swinburne juga memiliki lebih dari 20 pusat penelitian dan inovasi yang berfokus pada bidang teknologi informasi dan komunikasi, energi, kesehatan, desain, dan bisnis.
  • Universiti Teknologi Malaysia: UTM adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Johor Bahru, Malaysia yang memiliki visi menjadi universitas riset berkelas dunia. UTM memiliki 7 fakultas dan 3 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UTM juga memiliki lebih dari 30 pusat penelitian dan pengembangan yang bergerak di bidang teknik, sains, seni, dan manajemen.
  • Universitas Andalas: UNAND adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Padang yang memiliki visi menjadi universitas riset berwawasan masyarakat. UNAND memiliki 15 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UNAND juga memiliki lebih dari 10 pusat studi dan penelitian yang bergerak di bidang pertanian, kedokteran, teknik, ilmu alam, ilmu sosial, dan ilmu budaya.
  • Universitas Airlangga: UNAIR adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Surabaya yang memiliki visi menjadi universitas riset berwawasan global. UNAIR memiliki 15 fakultas dan 3 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UNAIR juga memiliki lebih dari 20 pusat studi dan penelitian yang bergerak di bidang kesehatan, teknik, ilmu sosial, dan ilmu budaya.
  • Universitas Brawijaya: UB adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Malang yang memiliki visi menjadi universitas riset berwawasan agrokompleks. UB memiliki 16 fakultas dan 2 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UB juga memiliki lebih dari 10 pusat studi dan penelitian yang bergerak di bidang pertanian, kedokteran, teknik, ilmu alam, ilmu sosial, dan ilmu budaya.
  • University of Twente: UT adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Enschede, Belanda yang memiliki visi menjadi universitas riset berbasis teknologi dan inovasi. UT memiliki 5 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UT juga memiliki lebih dari 30 pusat penelitian dan inovasi yang berfokus pada bidang teknologi informasi dan komunikasi, energi, kesehatan, desain, dan bisnis.
  • Tomsk Polytechnic University: TPU adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Tomsk, Rusia yang memiliki visi menjadi universitas riset berbasis teknologi dan inovasi. TPU memiliki 6 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. TPU juga memiliki lebih dari 20 pusat penelitian dan inovasi yang berfokus pada bidang teknik, sains, energi, dan lingkungan.
  • Universitas Sumatera Utara: USU adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Medan yang memiliki visi menjadi universitas riset unggul di Indonesia Barat. USU memiliki 15 fakultas dan 2 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. USU juga memiliki lebih dari 10 pusat studi dan penelitian yang bergerak di bidang pertanian, kedokteran, teknik, ilmu alam, ilmu sosial, dan ilmu budaya.
  • Suranaree University of Technology: SUT adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Nakhon Ratchasima, Thailand yang memiliki visi menjadi universitas riset berbasis teknologi dan inovasi. SUT memiliki 5 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. SUT juga memiliki lebih dari 10 pusat penelitian dan inovasi yang berfokus pada bidang teknik, sains, kesehatan, dan lingkungan.
  • Technische Universität Berlin: TU Berlin adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Berlin, Jerman yang memiliki visi menjadi universitas riset berbasis teknologi dan inovasi. TU Berlin memiliki 7 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. TU Berlin juga memiliki lebih dari 20 pusat penelitian dan inovasi yang berfokus pada bidang teknik, sains, energi, dan desain.
  • Université Polytechnique Hauts-de-France: UPHF adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Valenciennes, Prancis yang memiliki visi menjadi universitas riset berbasis teknologi dan inovasi. UPHF memiliki 6 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. UPHF juga memiliki lebih dari 10 pusat penelitian dan inovasi yang berfokus pada bidang teknik, sains, kesehatan, dan manajemen.
  • Deakin University: Deakin adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Victoria, Australia yang memiliki visi menjadi universitas riset berbasis inovasi dan dampak. Deakin memiliki 4 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. Deakin juga memiliki lebih dari 20 pusat penelitian dan inovasi yang berfokus pada bidang teknologi informasi dan komunikasi, energi, kesehatan, desain, dan bisnis.
  • Universitas Sains Malaysia: USM adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Penang, Malaysia yang memiliki visi menjadi universitas riset berkelas dunia. USM memiliki 17 fakultas dan 3 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. USM juga memiliki lebih dari 30 pusat penelitian dan pengembangan yang bergerak di bidang teknik, sains, kesehatan, dan sosial humaniora.
  • Macquarie University: Macquarie adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Sydney, Australia yang memiliki visi menjadi universitas riset berbasis inovasi dan dampak. Macquarie memiliki 5 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menawarkan program by research untuk S2 dan S3 di berbagai bidang ilmu. Macquarie juga memiliki lebih dari 20 pusat penelitian dan inovasi yang berfokus pada bidang teknologi informasi dan komunikasi, energi, kesehatan, desain, dan bisnis.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa Australia Awards 2024 : Biaya, Persyaratan dan Cara Pendaftaranya!

Komponen Beasiswa DBR BRIN 2024

Komponen Beasiswa DBR BRIN 2024 Jika kamu dinyatakan sebagai penerima program Beasiswa Degree By Research BRIN maka banyak komponen beasiswa yang akan didapatkan yakni:

• Penerima program beasiswa mendapatkan bantuan biaya pendaftaran

• Penerima program juga mendapatkan bantuan beasiswa UKT

• Mendapatkan bantuan biaya monitoring dan Evaluasi Durasi pemberian beasiswa berdasarkan studi anda, untuk mahasiswa S2 maka kamu akan mendapatkan bantuan selama 4 semester dan untuk mahasiswa S3 paling lama adalah 6 semester.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa Kursus Bahasa Arab di Kuwait 2024 : Syarat, Benefit dan Cara Pendaftaran!

Syarat Beasiswa DBR BRIN 2024

Untuk mendaftar beasiswa DBR BRIN 2024, Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh BRIN, antara lain:

Persyaratan Peserta PNS

• PNS dengan pangkat minimal III/a;

• Lulus dalam seleksi masuk perguruan tinggi jenjang S2 atau S3;

• Usia maksimal 3 (tiga) tahun sebelum batas usia pensiun bagi ASN peserta jenjang S3, dan maksimal 2 (dua) tahun sebelum batas usia pensiun bagi ASN peserta jenjang S2;

• Direkomendasikan oleh kepala satuan kerja dan ketua kelompok penelitian di BRIN atas rencana studi dan proposal penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian yang akan dilakukan, beserta kepastian pembiayaannya;

• Direkomendasikan oleh co-promotor (pembimbing pendamping) yang berasal dari kelompok penelitian pada satuan kerja, atau instansi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN);

• Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, dan/atau pemberhentian sementara sebagai PNS;

• Tidak sedang menerima beasiswa tugas belajar dari lembaga/instansi lain dalam periode yang sama; dan

• Bersedia menjalankan studi sesuai dengan jenjang dan menyelesaikannya dengan tepat waktu.

BACA JUGA : Info PMB Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) 2024-2025 : Syarat, Jadwal, dan Cara Daftaranya

Persyaratan Non PNS

• Memiliki kolaborasi penelitian dengan kelompok satuan kerja di BRIN;

• Lulus dalam seleksi masuk perguruan tinggi jenjang S2 atau S3 yang dituju;

• Direkomendasikan oleh kepala satuan kerja dan ketua kelompok penelitian di BRIN dimana pembantu peneliti bertugas atas rencana studi dan proposal penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian yang akan dilakukan, beserta kepastian pembiayaannya

• Direkomendasikan oleh co-promotor (pembimbing pendamping) yang berasal dari kelompok penelitian pada satuan kerja/instansi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN);

• Tidak sedang menerima beasiswa tugas belajar dari lembaga/instansi lain dalam periode yang sama; dan

• Bersedia menjalankan studi sesuai dengan jenjang dan menyelesaikannya dengan tepat waktu.

BACA JUGA : Info PMB Universitas Lampung (Unila) 2024-2025 : Jalur Masuk, Program Studi dan Biaya Kuliah

Dokumen Pendaftaran Beasiswa DBR BRIN 2024

Berikut beberapa dokumen pendaftaran yang perlu disiapkan dalam mengikuti Beasiswa DBR BRIN 2024.

• Dokumen bukti kelulusan (Letter of Acceptance (LoA)) dalam seleksi masuk perguruan tinggi penyelenggara program belajar berbasis riset, pada program studi jalur riset yang ditawarkan oleh masing- masing perguruan tinggi;

• Surat rekomendasi dan dukungan dari kepala satuan kerja

• Surat pernyataan persetujuan dari instansi Non BRIN untuk mengikuti program belajar berbasis riset

• Surat pernyataan kesediaan menjadi pembimbing pendamping (co-promotor)

• Surat pernyataan kesediaan menjadi pembimbing utama (promotor)

• Surat pernyataan kesediaan menyelesaikan studi tepat waktu

• Proposal penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian yang disetujui dan ditandatangani oleh kepala satuan kerja, pembimbing utama (promotor), pembimbing pendamping (co-promotor), dan/atau ketua kelompok penelitian yang terkait dengan topik penelitian yang diusulkan.

• Biodata pengusul.

• Biodata Pembimbing Pendamping (co-promotor) (harap melampirkan lembar profil Scopus Co-Promotor)

• Biodata Promotor

• Ijazah dan Transkrip Nilai pendidikan terakhir pengusul.

BACA JUGA : Info PMB Universitas Muhammadiyah Jakarta(UMJ) 2024-2025 : Jalur Seleksi, Biaya Kuliah dan Cara Pendaftaranya!

Apa Saja Manfaat Beasiswa DBR BRIN 2024?

Beasiswa DBR BRIN 2024 memberikan berbagai manfaat bagi penerima beasiswa, di antaranya adalah:

  • Mendapatkan bantuan biaya pendaftaran, UKT, dan biaya hidup selama masa studi
  • Mendapatkan bantuan biaya riset dan publikasi ilmiah
  • Mendapatkan bimbingan dan fasilitas dari peneliti senior BRIN
  • Mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan, seminar, workshop, dan pertukaran ilmu dengan peneliti dan inovator nasional dan internasional
  • Mendapatkan sertifikat dan penghargaan dari BRIN
  • Mendapatkan jaringan dan akses ke komunitas riset dan inovasi nasional

BACA JUGA : Kisah Haru Evania Rumbobiar : Anak Tukang Ojek Lulus Berkat Beasiswa di Universitas Pertahanan

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa DBR BRIN 2024?

Jika Anda sudah memenuhi syarat dan ketentuan di atas, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pendaftaran beasiswa DBR BRIN 2024 sebagai berikut:

  • Kunjungi website resmi BRIN di https://byresearch.brin.go.id/ dan pilih menu Program Belajar Berbasis Riset
  • Pilih program S2 atau S3 yang Anda inginkan dan lihat daftar perguruan tinggi yang bekerja sama dengan BRIN
  • Pilih perguruan tinggi dan bidang riset yang sesuai dengan minat dan proposal Anda
  • Buat akun dan login di website BRIN
  • Isi formulir pendaftaran online dan unggah dokumen yang diperlukan
  • Ikuti tes online yang terdiri dari tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, dan tes wawasan kebangsaan
  • Ikuti wawancara online dengan tim seleksi BRIN
  • Tunggu pengumuman hasil seleksi yang akan diumumkan di website BRIN

BACA JUGA : Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia 2024 : Persyaratan, Uang Saku dan Cara Pendaftaran

Apa Saja Tips Lolos Seleksi Beasiswa DBR BRIN 2024?

Untuk meningkatkan peluang Anda lolos seleksi beasiswa DBR BRIN 2024, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Persiapkan dokumen dan proposal riset Anda dengan baik dan teliti
  • Pilih perguruan tinggi dan bidang riset yang sesuai dengan kompetensi dan minat Anda
  • Pelajari materi tes online yang meliputi potensi akademik, bahasa Inggris, dan wawasan kebangsaan
  • Latih kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan
  • Jelaskan tujuan, manfaat, dan metodologi riset Anda dengan jelas dan logis saat wawancara
  • Tunjukkan motivasi, antusiasme, dan komitmen Anda untuk mengembangkan riset dan inovasi nasional

BACA JUGA : Jangan Sampai Salah Pilih! Ini 20 Jurusan S1 Teknik yang Paling Berpeluang Lolos CPNS 2024

Kesimpulan

Jadi, tunggu apa lagi? Jika Anda ingin jadi peneliti handal dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa, daftar beasiswa DBR BRIN 2024 sekarang juga! Jangan sampai ketinggalan kesempatan ini, karena pendaftaran hanya dibuka sampai tanggal 28 Februari 2024. Semoga sukses!

Saya seorang penulis aktif dalam dunia seo dan blogger sejak tahun 2016 hingga saat ini, sudah membuat berbagai jenis konten. situs ini dibuat untuk informasi tentang dunia perkuliahan mulai dari Biaya Kuliah, Beasiswa maupun pengalaman-pengalaman seru didalamnya.

You May Also Like