Jangan Sampai Salah Pilih! Ini 20 Jurusan S1 Teknik yang Paling Berpeluang Lolos CPNS 2024

20 Jurusan S1 Teknik yang Paling Berpeluang Lolos CPNS 2024

Zona Kuliah | Apakah Anda seorang fresh graduate lulusan S1 Teknik yang ingin menjadi CPNS? Jika ya, maka Anda harus mengetahui jurusan S1 Teknik mana saja yang paling dibutuhkan dan berpeluang lolos di seleksi CPNS 2024. Pasalnya, tidak semua jurusan S1 Teknik memiliki formasi yang banyak dan sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah.

Seleksi CPNS 2024 akan dibuka pada minggu ketiga bulan Maret 2024. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) telah resmi mengumumkan bahwa akan ada 2,3 juta formasi CASN yang terdiri dari CPNS dan PPPK. Dari jumlah tersebut, sekitar 429.183 formasi CPNS di instansi pemerintah pusat dan 483.575 formasi CPNS di instansi pemerintah daerah.

BACA JUGA : Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia 2024 : Persyaratan, Uang Saku dan Cara Pendaftaran

Salah satu bidang yang banyak dibutuhkan di seleksi CPNS 2024 adalah bidang teknik. Lulusan S1 Teknik memiliki skill dan kompetensi yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan pelaksana dan fungsional di berbagai kementerian dan lembaga. Namun, tidak semua jurusan S1 Teknik memiliki peluang yang sama untuk lolos CPNS 2024. Ada beberapa jurusan S1 Teknik yang lebih diminati dan dicari oleh instansi pemerintah.

Berikut ini adalah 20 jurusan S1 Teknik yang paling berpeluang lolos CPNS 2024, berdasarkan data dari berbagai sumber:

Jurusan S1 Teknik Berpeluang Lolos CPNS 2024

Jurusan S1 Teknik Berpeluang Lolos CPNS 2024
Jurusan S1 Teknik Berpeluang Lolos CPNS 2024
  • S1 Teknik Tenaga Listrik: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem tenaga listrik, mulai dari pembangkit, transmisi, distribusi, hingga penggunaan. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang energi, seperti Kementerian ESDM, PLN, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Geologi: Jurusan ini mempelajari tentang struktur, komposisi, dan proses geologi bumi, termasuk sumber daya alam, bencana alam, dan lingkungan hidup. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang pertambangan, minyak dan gas, geotermal, geofisika, dan mitigasi bencana, seperti Kementerian ESDM, BPPT, BMKG, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Geofisika: Jurusan ini mempelajari tentang pengukuran, analisis, dan interpretasi fenomena fisik bumi, seperti gravitasi, magnetisme, gelombang seismik, dan radiasi. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam, seperti Kementerian ESDM, BPPT, BMKG, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Elektro – Arus Kuat: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem kelistrikan yang menggunakan arus listrik dengan tegangan dan daya yang besar, seperti generator, motor, trafo, dan relay. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang energi, industri, dan transportasi, seperti Kementerian ESDM, PLN, KAI, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Elektro – Sistem Tenaga: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem tenaga listrik yang meliputi pembangkit, transmisi, distribusi, dan penggunaan, serta aspek ekonomi, keandalan, dan kualitasnya. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang energi, seperti Kementerian ESDM, PLN, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Elektro: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem kelistrikan yang meliputi arus kuat, arus lemah, elektronika, telekomunikasi, dan kontrol. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang energi, industri, transportasi, pertahanan, dan informasi, seperti Kementerian ESDM, PLN, KAI, Kemenhan, Kominfo, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Perminyakan: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem produksi minyak dan gas bumi, mulai dari eksplorasi, pengeboran, pengolahan, hingga transportasi. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang energi, seperti Kementerian ESDM, Pertamina, SKK Migas, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Metalurgi: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem pengolahan logam, mulai dari penambangan, peleburan, pemurnian, hingga pembentukan. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang industri, seperti Kementerian Perindustrian, PT INKA, PT PAL, PT Krakatau Steel, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Mesin: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem mekanik, termasuk mesin, alat, bahan, dan energi. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang industri, transportasi, pertahanan, dan pertanian, seperti Kementerian Perindustrian, KAI, Kemenhan, Kementan, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Sipil: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem infrastruktur, seperti jalan, jembatan, gedung, bendungan, dan saluran. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang pembangunan, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Kimia: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem proses kimia, seperti reaksi, pemisahan, pencampuran, dan pengubahan bahan. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang industri, energi, kesehatan, dan lingkungan, seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Kementerian Kesehatan, Kementerian LHK, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Industri: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem produksi, termasuk manajemen, kualitas, ergonomi, dan logistik. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang industri, transportasi, dan pelayanan, seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Informatika: Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem informasi, termasuk perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, dan basis data. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di instansi pemerintah yang bergerak di bidang informasi, komunikasi, dan digital, seperti Kementerian Kominfo, Kementerian PAN-RB, Kementerian Pendidikan, dan BUMN lainnya.
  • S1 Teknik Komputer: Jurusan ini mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan perangkat keras komputer, seperti mikroprosesor, mikrokontroler, dan sistem tertanam. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang elektronik, seperti hardware engineer, embedded system engineer, dan internet of things engineer.
  • S1 Teknik Telekomunikasi: Jurusan ini mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan komunikasi, seperti sinyal, gelombang, antena, dan jaringan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang telekomunikasi, seperti telepon, internet, radio, dan televisi.
  • S1 Teknik Pertanian: Jurusan ini mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan pertanian, seperti tanaman, hama, penyakit, pupuk, dan irigasi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang pertanian, seperti petani, penyuluh, peneliti, dan konsultan.
  • S1 Teknik Kelautan: Jurusan ini mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan laut, seperti oseanografi, hidrodinamika, perkapalan, dan pesisir. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang kelautan, seperti nelayan, pelaut, peneliti, dan konsultan.
  • S1 Teknik Nuklir: Jurusan ini mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan nuklir, seperti fisika nuklir, reaktor nuklir, radiasi, dan keselamatan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang nuklir, seperti BATAN, BAPETEN, PLTN, dan rumah sakit.
  • S1 Teknik Biomedis: Jurusan ini mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan kedokteran, seperti anatomi, fisiologi, biokimia, dan biomekanika. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang biomedis, seperti perancang alat kesehatan, peneliti, dan konsultan.

BACA JUGA : Kisah Haru Evania Rumbobiar : Anak Tukang Ojek Lulus Berkat Beasiswa di Universitas Pertahanan

Tips Lolos CPNS 2024 untuk Lulusan S1 Teknik

Meskipun memiliki jurusan S1 Teknik yang dibutuhkan di seleksi CPNS 2024, Anda tetap harus bersaing dengan ribuan peserta lain yang memiliki latar belakang pendidikan yang sama atau bahkan lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik agar dapat lolos CPNS 2024.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Pelajari materi tes tertulis CPNS 2024, seperti TWK, TIU, dan TKP. Anda dapat menggunakan buku, aplikasi, atau situs web yang menyediakan soal-soal latihan CPNS. Anda juga dapat mengikuti try out atau simulasi CPNS yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga bimbingan belajar.
  2. Perbanyak membaca dan memahami informasi terkait instansi pemerintah pusat yang Anda tuju, seperti visi, misi, tugas, fungsi, struktur, dan program kerja. Anda juga dapat mengunjungi situs resmi atau media sosial instansi tersebut untuk mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya.
  3. Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mendaftar CPNS 2024, seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, pas foto, dan dokumen pendukung lainnya. Pastikan dokumen-dokumen tersebut asli, lengkap, dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh instansi pemerintah pusat yang Anda tuju. Jika perlu, Anda dapat membuat scan atau fotokopi dokumen-dokumen tersebut sebagai cadangan.
  4. Latih kemampuan berbahasa Inggris Anda, baik lisan maupun tulisan. Beberapa instansi pemerintah pusat mungkin akan menguji kemampuan berbahasa Inggris Anda, baik dalam tes tertulis maupun wawancara. Anda dapat menggunakan buku, aplikasi, atau situs web yang menyediakan materi dan latihan berbahasa Inggris. Anda juga dapat mengikuti kursus atau les bahasa Inggris yang sesuai dengan level dan kebutuhan Anda.
  5. Siapkan diri Anda untuk menghadapi wawancara CPNS 2024. Anda harus mengetahui dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh interviewer, seperti alasan memilih instansi pemerintah pusat yang Anda tuju, kelebihan dan kekurangan diri Anda, pengalaman dan prestasi Anda, dan rencana masa depan Anda. Anda juga harus menunjukkan sikap yang sopan, percaya diri, dan antusias saat wawancara. Anda dapat berlatih wawancara dengan teman, keluarga, atau mentor Anda.

BACA JUGA : Info PMB Universitas Muhammadiyah Jakarta(UMJ) 2024-2025 : Jalur Seleksi, Biaya Kuliah dan Cara Pendaftaranya!

Kesimpulan

Demikianlah 20 jurusan S1 teknik yang paling berpeluang lolos CPNS 2024. Jika Anda tertarik untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan persyaratan dan formasi yang dibuka oleh instansi pemerintah yang Anda tuju. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menentukan pilihan karir Anda. Selamat berjuang!

20 Jurusan S1 Teknik yang Paling Berpeluang Lolos CPNS 2024
Next Post

No more post

Saya seorang penulis aktif dalam dunia seo dan blogger sejak tahun 2016 hingga saat ini, sudah membuat berbagai jenis konten. situs ini dibuat untuk informasi tentang dunia perkuliahan mulai dari Biaya Kuliah, Beasiswa maupun pengalaman-pengalaman seru didalamnya.

You May Also Like