Apa Itu Jurusan Kebendaharaan Negara STAN

ZonaKuliah.com | Jurusan Kebendaharaan Negara STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) adalah salah satu jurusan yang menawarkan pendidikan tinggi di bidang keuangan dan akuntansi di Indonesia. Sebagai institusi pendidikan yang diakui secara nasional, STAN telah lama menjadi tempat pembentukan sumber daya manusia yang handal di bidang keuangan publik.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu jurusan Kebendaharaan Negara STAN, program studi yang ditawarkan, prospek karir yang menarik, serta manfaatnya bagi masa depan Anda.

BACA JUGA : Apa Itu Jurusan Penilai STAN

Apa Itu Jurusan Kebendaharaan Negara STAN?

Jurusan Kebendaharaan Negara STAN adalah salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Jurusan ini memiliki peran penting dalam menghasilkan tenaga ahli di bidang keuangan publik yang berkualitas.

Melalui pendidikan yang komprehensif dan terstruktur, jurusan ini bertujuan untuk melahirkan para profesional keuangan yang mampu mengelola dan mengawasi keuangan negara dengan baik.

BACA JUGA : Cara Membuat Surat Keterangan Tanda Miskin (SKTM) Terbaru 2023

Jurusan Kebendaharaan Negara

Program studi Kebendaharaan Negara memiliki tuntutan untuk mencetak mahasiswa yang ahli dalam bidang terkait kebendaharaan negara, termasuk perencanaan anggaran APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara), APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah), pengelolaan aset inventaris, dan pembiayaan negara.

BACA JUGA : Apa itu Spesialis Akutansi STAN

Misi

Misi dari program studi ini adalah untuk mengedukasi para tenaga Ahli Madya yang profesional di bidang anggaran, yang mampu menjalankan tugas teknis dalam pengelolaan anggaran. Tujuan tersebut meliputi:

  1. Merumuskan dan melaksanakan kebijakan serta standarisasi teknis di bidang kebijakan fiskal, anggaran pendapatan dan belanja negara, serta perimbangan keuangan.
  2. Merumuskan dan melaksanakan kebijakan serta standarisasi teknis di bidang Perbendaharaan Negara sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Materi Kuliah

Materi kuliah Kebendaharaan Negara umumnya sejalan dengan program studi keuangan lainnya di STAN, namun mahasiswa spesialis dalam bidang ini mendapatkan pembelajaran tambahan yang mendukung keahlian mereka.

Beberapa materi khusus yang diajarkan meliputi proses pengadaan barang dan jasa, statistika keuangan, sistem akuntansi pemerintah, evaluasi proyek, masalah perencanaan anggaran, serta pengujian spesialis Kebendaharaan Negara.

BACA JUGA : Apa Itu Jurusan Perpajakan STAN

Program Studi

Jurusan ini menawarkan dua program studi, yaitu Program Diploma I dan Program Diploma III. Pendidikan untuk Program Diploma III Kebendaharaan Negara diselenggarakan di Kampus STAN yang terletak di Bintaro.

Sedangkan Program Diploma I dilaksanakan di berbagai balai pelatihan kebendaharaan negara di beberapa daerah, seperti Palembang, Medan, Yogyakarta, Makassar, dan Malang.

Jurusan Kebendaharaan Negara STAN menawarkan beberapa program studi yang relevan dengan keuangan publik dan akuntansi. Berikut adalah beberapa program studi yang dapat dipilih oleh mahasiswa:

  1. Akuntansi Keuangan Negara: Program studi ini memfokuskan pada aspek akuntansi yang terkait dengan keuangan negara. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar akuntansi, pelaporan keuangan, dan manajemen keuangan publik.
  2. Manajemen Kekayaan Negara: Program studi ini membahas manajemen kekayaan negara yang meliputi pengelolaan aset, investasi, dan risiko keuangan. Mahasiswa akan mempelajari strategi dan praktik terbaik dalam mengoptimalkan kekayaan negara.
  3. Perpajakan: Program studi perpajakan fokus pada pemahaman mendalam tentang sistem perpajakan di Indonesia. Mahasiswa akan belajar tentang peraturan perpajakan, penghitungan pajak, dan kebijakan perpajakan.
  4. Hukum Keuangan Negara: Program studi ini mencakup aspek hukum yang terkait dengan keuangan negara. Mahasiswa akan mempelajari peraturan hukum, sistem peradilan, dan etika dalam keuangan publik.

Lulusan

Para lulusan Program Studi Kebendaharaan Negara akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Perbendaharaan atau Direktorat Jenderal Anggaran. Mereka akan bertugas dalam perencanaan anggaran negara serta pengadaan kebutuhan negara lainnya.

  1. Lulusan Jurusan Kebendaharaan Negara STAN memiliki prospek karir yang cerah di berbagai sektor. Berikut adalah beberapa bidang pekerjaan yang dapat diikuti oleh lulusan:
  2. Pegawai Kementerian Keuangan: Lulusan STAN memiliki peluang besar untuk bekerja di Kementerian Keuangan sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Mereka dapat mengisi berbagai posisi strategis dalam pengelolaan keuangan negara.
  3. Akuntan: Lulusan STAN yang mengambil program studi Akuntansi Keuangan Negara dapat bekerja sebagai akuntan di berbagai perusahaan atau lembaga keuangan. Mereka akan bertanggung jawab dalam memastikan integritas keuangan dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.
  4. Konsultan Keuangan: Lulusan STAN dengan latar belakang keuangan negara dapat bekerja sebagai konsultan keuangan untuk membantu entitas publik atau swasta dalam mengelola keuangan mereka. Mereka akan memberikan saran yang berharga dalam perencanaan keuangan dan pengelolaan risiko.
  5. Pegawai Bank: Lulusan STAN juga dapat bekerja di lembaga perbankan sebagai pegawai bank atau manajer keuangan. Mereka akan berperan dalam mengelola aset dan dana perbankan, serta memberikan nasihat keuangan kepada nasabah.

Manfaat Jurusan Kebendaharaan Negara STAN

Jurusan Kebendaharaan Negara STAN menawarkan berbagai manfaat bagi masa depan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memilih jurusan ini:

  1. Pendidikan Berkualitas: STAN merupakan institusi pendidikan yang diakui secara nasional dan memiliki standar pendidikan yang tinggi. Dengan memilih jurusan ini, Anda akan mendapatkan pendidikan berkualitas yang dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda di bidang keuangan publik.
  2. Pasar Kerja yang Stabil: Keuangan publik merupakan bidang yang selalu dibutuhkan oleh pemerintah dan berbagai lembaga keuangan. Dengan memiliki latar belakang pendidikan di Jurusan Kebendaharaan Negara STAN, Anda akan memiliki peluang kerja yang baik dan stabilitas karir yang tinggi.
  3. Jaringan Profesional: Selama masa studi di STAN, Anda akan memiliki kesempatan untuk membangun jaringan profesional dengan sesama mahasiswa, dosen, dan para profesional di bidang keuangan. Hal ini dapat membantu Anda dalam mencari kesempatan kerja dan pengembangan karir di masa depan.
  4. Peluang Pengembangan Diri: Jurusan Kebendaharaan Negara STAN tidak hanya memberikan pendidikan akademik, tetapi juga menekankan pada pengembangan diri secara holistik. Anda akan memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seminar, dan pelatihan yang akan meningkatkan keterampilan sosial dan kepemimpinan Anda.

BACA JUGA : Apa itu Jurusan Bea dan Cukai STAN

Nah, itulah mengenai Apa Itu Jurusan Kebendaharaan Negara STAN, jangan lupa komentar atapun bertanya dibawah ini. Terimakasih.

Saya seorang penulis aktif dalam dunia seo dan blogger sejak tahun 2016 hingga saat ini, sudah membuat berbagai jenis konten. situs ini dibuat untuk informasi tentang dunia perkuliahan mulai dari Biaya Kuliah, Beasiswa maupun pengalaman-pengalaman seru didalamnya.

You May Also Like