Cara Pendaftaran Calon Paskibraka 2024 : Syarat, Tahapan Seleksi dan Cara Pendaftaranya!

Cara Pendaftaran Calon Paskibraka 2024 : Syarat, Tahapan Seleksi dan Cara Pendaftaranya!

ZONA KULIAH | Apakah Anda bercita-cita menjadi anggota Paskibraka, yaitu Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas mengibarkan bendera merah putih di Istana Negara pada Hari Kemerdekaan RI? Jika ya, Anda harus mengetahui cara pendaftaran calon Paskibraka 2024, syarat, tahapan seleksi, hingga cara pendaftaranya.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa IISMA 2024 : Persyaratan, Benefit dan Cara Pendaftaranya!

Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap paskibraka dan mudah dipahami tentang hal-hal tersebut. Simak terus artikel ini hingga selesai agar Anda tidak ketinggalan informasi penting.

Apa Itu Paskibraka ?

Paskibraka
Paskibraka

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, yaitu sekelompok siswa-siswi terpilih yang bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara.

Sejarah Paskibraka dimulai pada tahun 1946, ketika Presiden Soekarno memerintahkan Mayor (Laut) Husein Mutahar untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta. Saat itu, pengibaran bendera dilakukan oleh lima orang pemuda-pemudi yang melambangkan Pancasila2.

Pada tahun 1967, Husein Mutahar kembali menangani pengibaran bendera pusaka di Istana Merdeka Jakarta. Dia mengembangkan formasi pengibaran menjadi tiga kelompok, yaitu Pasukan 17 (pengiring), Pasukan 8 (pembawa bendera), dan Pasukan 45 (pengawal). Angka-angka tersebut merupakan simbol dari tanggal Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 (17-8-45).

Pada tahun 1969, anggota pengibar bendera pusaka berasal dari siswa SMA se-Indonesia yang dipilih melalui seleksi. Setiap provinsi diwakili oleh sepasang putra dan putri. Tim tersebut diberi nama Pasukan Pengerek Bendera Pusaka.

Nama Paskibraka baru digunakan pertama kali pada tahun 1973. Pencetusnya adalah Idik Suleaman, seorang wartawan yang juga anggota tim pelatih. Nama Paskibraka kemudian resmi ditetapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tahun 1974.

Poin Penting Paskibraka :

  • Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka yang merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.
  • Pembinaan kepemimpinan, keterampilan, dan kedisiplinan yang menjunjung nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, dan peningkatan wawasan kebangsaan kepada putra dan putri terbaik bangsa.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa Kaltim Tuntas 2024 : Tanggal Penting, Syarat, dan Cara Pendaftaran!

Alamat Paskibraka Pusat

Alamat : Jl. Veteran III No.2, RT.2/RW.3, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Persyaratan Paskibraka 2024

Menurut SURAT EDARAN PENYUSUNAN PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA TINGKAT KABUPATEN/KOTA DAN PROVINSI TAHUN 2024 yang ada di laman resmi paskibraka, terdapat sejumlah syarat yang harus disiapkan oleh calon peserta, yaitu;

a) Warga Negara Indonesia;

b) Calon Paskibraka merupakan pelajar kelas X (sepuluh) dengan minimal usia 16 (enam belas) tahun sampai dengan 18 (delapan belas) tahun;

c) Memperoleh izin tertulis dari kepala sekolah;

d) Memperoleh persetujuan tertulis dari orang tua/wali;

e) Mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Kesediaan Mematuhi Peraturan Pembentukan dan Pelaksanaan Tugas Paskibraka Tahun 2024;

f) Nilai akademik minimal berkategori baik;

g) Sehat jasmani dan rohani berdasarkan surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan setempat;

h) Memiliki tinggi badan dan berat badan ideal (Putra 170cm-180cm dan Putri 165cm-175cm);

i) Memiliki bentuk kaki O (O been) dengan ekstremitas paling banyak 5 (lima) sentimeter, bentuk kaki X (X been) dengan ekstremitas paling banyak 5 (lima) sentimeter, dan tidak memiliki bentuk telapak kaki datar (flat foot).

Unduh Informasi Surat Edaran Paskibraka disini.

BACA JUGA : Daftar Lengkap Beasiswa Djitu 2024 : Persyaratan, Jadwal Penting, Benefit dan Cara Daftarnya!

Tahapan Seleksi Kabupaten/Kota

Jika ingin menjadi anggota Paskibraka, Anda harus memenuhi beberapa kriteria dan mengikuti beberapa langkah seleksi yang dilakukan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan pemerintah daerah.

KABUPATEN/KOTA

Seleksi Administrasi
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Seleksi Intelegensia Umum
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Seleksi Kesehatan
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Seleksi Parade
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Seleksi Peraturan Baris Berbaris dan Kesamaptaan
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Seleksi Kepribadian
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Hasil Akhir
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

PROVINSI

Seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

kegiatanSeleksi Intelegensia Umum
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Seleksi Kesehatan
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Seleksi Peraturan Baris Berbaris dan Kesamaptaan
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

kegiatanSeleksi Kepribadian
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Hasil Akhir
Sesuai ketentuan daerah masing-masing

Unduh informasi surat edaran pengumuman informasi paskibraka 2024 disini.

BACA JUGA : Daftar Lengkap Beasiswa Pascasarjana Fakultas Teknik UMS 2024 : Persyaratan, Tanggal penting dan Cara Daftarnya!

Jadwal Seleksi Paskibraka 2024

Rekrutmen dan Seleksi Paskibraka tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi tahun 2024 dilaksanakan melalui aplikasi Transparansi Paskibraka BPIP yang dapat diakses pada laman https://paskibraka.bpip.go.id

Tingkat Kabupaten/Kota

Minggu ke-1 Februari 2024 s.d Minggu ke-4 April 2024

Tingkat Provinsi

Minggu ke-3 April 2024 s.d Minggu ke-4 Mei 2024

Cara Pendaftaran Paskibraka 2024

Cara Pendaftaran Paskibraka 2024
Cara Pendaftaran Paskibraka 2024

Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran calon Paskibraka tahun 2024:

  1. Kunjungi situs resmi Paskibraka BPIP di sini.
  2. Klik tombol “Daftar” pada halaman utama situs.
  3. Isi data diri Anda sesuai dengan ketentuan yang diminta, seperti nama, nomor identitas, alamat sekolah, hingga minat dan bakat.
  4. Unggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan, seperti formulir pendaftaran, surat pernyataan, dan surat keterangan sehat. Anda bisa mengunduh formulir pendaftaran dan surat pernyataan di sini.
  5. Setelah mengisi dan mengunggah semua data dan dokumen, klik tombol “Kirim” untuk menyelesaikan pendaftaran Anda.
  6. Tunggu pengumuman hasil seleksi administrasi dari BPIP dan pemerintah daerah Anda. Jika Anda lolos seleksi administrasi, Anda akan diundang untuk mengikuti seleksi lanjutan, seperti seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelegensia umum, seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi peraturan baris berbaris dan kesamaptaan, dan seleksi kepribadian23.
  7. Jika Anda lolos semua tahapan seleksi, Anda akan menjadi anggota Paskibraka tahun 2024 dan berkesempatan mengibarkan bendera merah putih di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2024.

BACA JUGA : Cara Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag 2024/2025 : Syarat, Benefit dan Pendaftaranya!

Tips Paskibraka 2024

  • Kebersihan badan;
  • Kerapian dan kebersihan pakaian;
  • Rambut dicukur rapi dan tidak diwarnai,
  • Tidak memelihara jambang, jenggot, kumis, poni, dan kuncir bagi Paskibraka putra;
  • Khusus Paskibraka putri mengenakan riasan (make up) yang wajar, pantas, dan tidak mencolok serta menggunakan warna natural;
  • Kuku pendek, dipotong rapi, dan tidak diwarnai;
  • Bersedia mengikuti Pemusatan Diklat Paskibraka, Pengukuhan Paskibraka, Pelaksanaan Tugas Paskibraka, dan mengikuti Pembinaan Ideologi Pancasila serta Wawasan Kebangsaan.

Sumber Video Youtube

Kesimpulan

Demikianlah cara pendaftaran calon Paskibraka 2024, syarat, tahapan seleksi, dan cara pendaftaranya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mewujudkan cita-cita menjadi anggota Paskibraka.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri Anda dengan baik dan mengikuti semua proses seleksi paskibraka dengan serius. Semoga Anda berhasil dan menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera pusaka yang mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Terima kasih telah membaca artikel ini. 😊

You May Also Like