Cara Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag 2024/2025 : Syarat, Benefit dan Pendaftaranya!

Cara Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag 20242025 Syarat, Benefit dan Pendaftaranya!

Zona KuliahCara Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag 2024/2025 | Anda ingin kuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) tetapi terkendala biaya? Jangan khawatir, ada solusinya. Anda bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari Kementerian Agama melalui program KIP Kuliah Kemenag.

BACA JUGA : Penerimaan Mahasiswa Baru(PMB) Universitas Pertahanan (Unhan) 2024/2025 : Prodi, Persyaratan, Jadwal Seleksi dan Cara Pendaftaran!

Apa itu KIP Kuliah Kemenag? Bagaimana cara mendaftarnya? Apa saja syarat dan benefitnya? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu KIP Kuliah

Apa Itu KIP Kuliah
Apa Itu KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah singkatan dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah, yaitu sebuah program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

KIP Kuliah menjamin mahasiswa yang masuk perguruan tinggi melalui berbagai jalur masuk di seluruh PTN dan PTS di Indonesia hingga program Politeknik.

KIP Kuliah juga memberikan bantuan biaya hidup yang besarannya berbeda-beda tergantung pada jenis perguruan tinggi, program studi, dan biaya kuliah yang ditetapkan.

BACA JUGA : Daftar Lengkap Beasiswa Pascasarjana Fakultas Teknik UMS 2024 : Persyaratan, Tanggal penting dan Cara Daftarnya!

Untuk mendapatkan KIP Kuliah, Anda harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Berasal dari keluarga miskin atau tidak mampu secara ekonomi yang dibuktikan dengan SKTM atau KKS.
  • Memiliki potensi akademik baik yang dibuktikan dengan nilai rapor dan ujian nasional.
  • Lulus dari SLTA sederajat tahun 2023 atau 2024.
  • Diterima di salah satu perguruan tinggi melalui jalur seleksi yang ditentukan, seperti SNBP, SPAN-PTKIN, SNBT, UM-PTKIN, SMM PTN Barat, atau SPMB Mandiri.

KIP Kuliah Kemenag

KIP Kuliah Kemenag
KIP Kuliah Kemenag

KIP Kuliah Kemenag adalah salah satu program KIP Kuliah yang khusus ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) baik negeri maupun swasta.

KIP Kuliah Kemenag memberikan bantuan biaya pendidikan yang meliputi biaya pendaftaran, biaya SPP, biaya hidup, dan biaya penunjang.

KIP Kuliah Kemenag juga memberikan bimbingan dan pembinaan kepada penerima manfaat agar dapat menyelesaikan studi dengan baik dan berkontribusi bagi masyarakat.

BACA JUGA : Daftar Lengkap Beasiswa Djitu 2024 : Persyaratan, Jadwal Penting, Benefit dan Cara Daftarnya!

Untuk mendapatkan KIP Kuliah Kemenag, Anda harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Berasal dari keluarga miskin atau tidak mampu secara ekonomi yang dibuktikan dengan SKTM atau KKS.
  • Memiliki potensi akademik baik yang dibuktikan dengan nilai rapor dan ujian nasional.
  • Lulus dari SLTA sederajat tahun 2023 atau 2024.
  • Diterima di salah satu PTKI melalui jalur seleksi yang ditentukan, seperti SNBP, SPAN-PTKIN, SNBT, UM-PTKIN, SMM PTN Barat, atau SPMB Mandiri.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa Kaltim Tuntas 2024 : Tanggal Penting, Syarat, dan Cara Pendaftaran!

Syarat KIP Kuliah Kemenag 2024

Syarat untuk dapat menerima KIP Kuliah Kemenag adalah sebagai berikut:

1. Mahasiswa baru tahun masuk 2023 yang berasal dari lulusan MA/MAK/Diniyah Formal Ulya/SMA/sederajat angkatan tiga tahun terakhir. Misalnya, jika dibuka tahun 2024 maka siswa angkatan 2021, 2023, dan 2024 bisa mendaftar.

2. Memiliki keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Program Indonesia Pintar (PIP) SLTA atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau Kartu Jakarta Pintar (KJP). Apabila mahasiswa belum memiliki KIP atau orangtua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orangtua/wali maksimal sebesar Rp 4 juta per bulan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000 per bulan dibuktikan dengan mengisi form surat keterangan yang ditandatangani dan disahkan oleh pemerintah setempat.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa IISMA 2024 : Persyaratan, Benefit dan Cara Pendaftaranya!

3. Memiliki potensi akademik baik dibuktikan dengan nilai rapot, ijazah dan sertifikat pendukung.

4. Mahasiswa yang terdampak Covid-19 dikarenakan status orangtua/wali meninggal dunia dibuktikan dengan surat keterangan kematian dari rumah sakit atau pemerintah setempat atau mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dibuktikan dengan surat keterangan PHK dari perusahaan atau tempat kerja.

5. Mahasiswa difabel yang mengalami cacat bawaan/akibat kecelakaan dan dapat mengikuti studi secara baik, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan sekolah asal.

6. Tidak terlibat dan/atau terindikasi mengikuti kegiatan/organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pemerintah dibuktikan dengan penandatanganan pakta integritas.

7. Sanggup tidak menikah selama menerima program KIP Kuliah.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa Kukar Idaman 2024 : Syarat, Kuota dan Pendaftaranya!

Cara Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag 2024

Adapun cara mendaftar KIP Kuliah Kemenag 2024 adalah sebagai berikut:

1. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan disini.

2. Kemudian melengkapi seluruh dokumen persyaratan yang terdiri dari:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Indonesia Pintar untuk PIP/Kartu Keluarga Sejahtera untuk PKH / Kartu Jakarta Pintar (KJP)
  • Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar
  • Fotokopi rapor semester 1 (satu) hingga semester 6 (enam) yang telah dilegalisir oleh pimpinan sekolah
  • Fotokopi ijazah beserta transkrip nilai yang dilegalisir oleh Kepala Madrasah / Sekolah;
  • Menunjukkan prestasi (karya) yang telah dicapai di SLTA yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan lainnya
  • Fotokopi Rekening Listrik bulan terakhir atau bukti pembayaran PBB.
  • Menunjukkan penghasilan orang tua/wali bagi calon penerima yang tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar untuk PIP atau Kartu Keluarga Sejahtera untuk PKH atau Kartu Jakarta Pintar
  • Menandatangani Pakta Integritas

3. Terakhir bersedia mengikuti seleksi calon penerima program KIP Kuliah yang ditetapkan oleh PTP.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa Hafiz Alquran : Daftar Kampus, Persyaratan dan Benefitnya

Benefit Beasiswa KIP Kuliah Kemenag 2024

Penerima program KIP Kuliah Kemenag, nantinya akan mendapatkan benefit sebesar Rp 6.600.000 per semester. Anggaran ini meliputi:

  • Bantuan biaya hidup (living cost) yang diserahkan kepada mahasiswa sebesar Rp 700.000 per bulan. Total dana yang diterima mahasiswa dalam satu semester sebesar Rp 4.200.000.
  • Bantuan Biaya Pendidikan sebesar Rp 2.400.000 per semester per mahasiswa. Kekurangan biaya pendidikan di PTKI ditanggung oleh kampus penerima KIP Kuliah.

Program Bantuan KIP Kuliah diberikan setelah mahasiswa ditetapkan sebagai penerima pada kampus PTKI yang terdaftar di program KIP Kuliah Kemenag. Beasiswa KIP Kuliah Kemenag akan diberikan selama 6 semester untuk program Diploma Tiga (D3) dan 8 semester untuk program Strata Satu (S1).

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2024 : Syarat, Dokumen Penting dan Cara Pendaftaran!

Kesimpulan

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag 2024/2025. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di PTKI dengan bantuan biaya pendidikan dari Kementerian Agama.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau kesulitan, silakan hubungi kami melalui link situs yang tersedia. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang juga membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

You May Also Like