Info Lengkap Beasiswa KSE 2024 : Syarat, Benefit dan Cara Pendaftaranya!

Info Lengkap Beasiswa KSE 2024 Syarat, Benefit dan Cara Pendaftaranya!

Zona Kuliah | Beasiswa KSE 2024 adalah salah satu program beasiswa yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa Indonesia. Beasiswa ini menawarkan berbagai manfaat, mulai dari bantuan biaya pendidikan, SPP, skripsi, hingga pelatihan dan pembinaan. Tidak heran, banyak mahasiswa yang berminat untuk mendaftar beasiswa KSE 2024.

Namun, sebelum mendaftar, ada baiknya Anda mengetahui informasi lengkap tentang beasiswa KSE 2024, seperti syarat, benefit, dan cara pendaftarannya. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang Anda untuk lolos seleksi. Berikut adalah ulasan lengkap tentang beasiswa KSE 2024 yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Beasiswa KSE ?

Beasiswa KSE
Beasiswa KSE

Beasiswa KSE adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) untuk mahasiswa program studi Strata 1 (S1) yang telah menempuh pendidikan minimal di semester kedua. Beasiswa KSE 2024 memberikan tunjangan pendidikan sebesar Rp 750.000 per bulan selama 1 tahun dan dapat diperpanjang.

Selain itu, Beasiswa KSE 2024 juga memberikan kesempatan bagi penerima beasiswa untuk mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh KSE, seperti tatap muka, kewirausahaan, teknologi, leadership program, seminar, workshop, dan coaching.

KSE atau Karya Salemba Empat adalah sebuah yayasan yang didirikan pada tahun 1958 oleh sekelompok mahasiswa asal Salemba, Jakarta. KSE memiliki visi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pemberian beasiswa dan pembinaan kepada mahasiswa berprestasi dan berkebutuhan.

KSE memiliki berbagai program yang ditujukan untuk membantu mahasiswa mencapai potensi dan impian mereka, seperti Reguler Scholarship, Outstanding Scholarship, Technology for Indonesia, dan Entrepreneur Academy.

Saat ini, KSE sedang membuka pendaftaran untuk Beasiswa KSE 2024. Beasiswa KSE 2024 merupakan kesempatan bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan biaya kuliah dan pembinaan dari KSE.

Beasiswa KSE 2024 juga memberikan kemudahan dan keringanan bagi calon penerima beasiswa, seperti biaya pendaftaran yang murah, proses seleksi yang mudah, dan persyaratan yang tidak terlalu berat.

Berikut adalah informasi lengkap dan rinci tentang Beasiswa KSE 2024 yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA : Info PMB UNISSULA 2024-2025 : Jadwal Penting, Biaya Pendaftaran dan Cara Pendaftaranya!

Syarat Beasiswa KSE 2024

Persyaratan Dokumen pendaftaran beasiswa KSE 2024:

  • Foto Close Up Menggunakan Almamater dengan Latar Belakang Putih
  • Foto Full Body Menggunakan Almamater dengan Latar Belakang Putih
  • KTM, Kartu Keluarga, dan KTP
  • Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali
  • Tagihan listrik terakhir
  • Tagihan PDAM Terakhir (bila ada)
  • Surat Rekomendas/Surat Keterangan dari pihak kampus bahwasannya tidak sedang meneima beasiswa dari pihak manapun
  • Transkip Nilai
  • Essay
  • Vlog atau Video berdurasi kurang lebih 1-2 menit mengenao profil diri, latar belakang/kehidupan dan alas an kenapa layak mendapatkan beasiswa.

BACA JUGA : Info PMB Politeknik Negeri Samarinda(POLNES) 2024-2025 : Jadwal Penting, Program Studi dan Cara Pendaftaranya

Benefit Beasiswa KSE 2024

Benefit yang akan Anda dapatkan jika diterima sebagai penerima Beasiswa KSE 2024 adalah:

  • Tunjangan pendidikan sebesar Rp 750.000 per bulan selama 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan prestasi akademik dan non-akademik Anda.
  • Bantuan biaya SPP/SOB tiap semester sebesar Rp 1.500.000 selama 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan prestasi akademik dan non-akademik Anda.
  • Kesempatan untuk mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh KSE, seperti tatap muka, kewirausahaan, teknologi, leadership program, seminar, workshop, dan coaching sesuai dengan passion Anda.
  • Kesempatan untuk bergabung dengan komunitas KSE yang terdiri dari mahasiswa, alumni, mentor, dan relasi yang berasal dari berbagai universitas, profesi, dan latar belakang.
  • Kesempatan untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa melalui kegiatan sosial, pengabdian masyarakat, dan karya nyata yang dilakukan oleh KSE.

BACA JUGA : Info PMB Universitas Lancang Kuning(Unilak) 2024-2025 : Jalur Pendaftaran, Program Studi dan Cara Pendaftaran!

Cara Pendaftaran Beasiswa KSE 2024

Cara Pendaftaran Beasiswa KSE 2024
Cara Pendaftaran Beasiswa KSE 2024

Cara pendaftaran Beasiswa KSE 2024 sangat mudah dan praktis, yaitu:

  1. Pendaftaran Beasiswa KSE 2024 mulai dibuka tanggal 18 Februari – 30 April 2024.
  2. Pendaftaran beasiswa ini dapat dilakukan dilakukan secara online melalui laman berikut
  3. https://beasiswa.or.id/

BACA JUGA : Info PMB Universitas Sumatra Barat(UNISBAR) 2024/2025 : Program Studi, Biaya Kuliah dan Cara Pendaftaran!

Proses Seleksi Beasiswa KSE 2024

Proses seleksi Beasiswa KSE 2024 terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

  • Tahap 1: Seleksi Administrasi. Pada tahap ini, panitia akan memeriksa kelengkapan dan kebenaran data dan dokumen yang Anda kirimkan
  • Tahap 2: Seleksi Akademik. Pada tahap ini, Anda akan mengikuti tes tertulis yang meliputi materi-materi yang berkaitan dengan program studi yang Anda pilih, seperti matematika, fisika, biologi, kimia, bahasa Inggris, dll. Tes tertulis akan dilakukan secara online melalui platform yang ditentukan oleh KSE.
  • Tahap 3: Seleksi Kesehatan. Pada tahap ini, Anda akan mengikuti tes kesehatan yang meliputi pemeriksaan fisik, laboratorium, dan psikologi. Tes kesehatan akan dilakukan di rumah sakit atau klinik yang ditunjuk oleh KSE.
  • Tahap 4: Seleksi Wawancara. Pada tahap ini, Anda akan mengikuti wawancara yang meliputi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan motivasi, prestasi, kepribadian, dan potensi Anda. Wawancara akan dilakukan oleh tim penguji yang terdiri dari pengurus, mentor, dan alumni KSE.
  • Tahap 5: Pengumuman Hasil Seleksi. Pada tahap ini, Anda akan mendapatkan informasi tentang hasil seleksi Anda melalui email, SMS, atau website beasiswa KSE. Jika Anda dinyatakan lulus, Anda harus melakukan registrasi dan pembayaran biaya registrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA : Info PMB Politeknik Caltex Riau 2024/2025 : Jalur Pendaftaran, Program Studi dan Cara Pendaftaran!

Jadwal Penting Beasiswa KSE 2024

Jadwal Penting Beasiswa KSE 2024
Jadwal Penting Beasiswa KSE 2024

berikut ini adalah jadwal penting beasiswa kse 2024 yang perlu kamu ketahui.

  1. Roadshow dan sosialisasi tanggal 8 Januari – 17 Februari 2024.
  2. Registrasi online tanggal 18 Februari – 30 April 2024.
  3. Verifikasi data tanggal 1 – 14 Mei 2024.
  4. Seleksi dokumen tanggal 15 Mei – 14 Juni 2024.
  5. Seleksi final & pengumuman interview tanggal 15 – 20 Juni 2024.
  6. Penyiapan dokumen tanggal 21 – 28 Juni 2024.
  7. Interview final tanggal 29 Juni – 14 Juli 2024.
  8. Pengumuman dan verifikasi kampus tanggal 23 Juli – 16 Agustus 2024.

BACA JUGA : Cara Pendaftaran Calon Paskibraka 2024 : Syarat, Tahapan Seleksi dan Cara Pendaftaranya!

Kesimpulan

Demikian Beasiswa KSE 2024 yang harus Anda lalui. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mempersiapkan diri Anda untuk mengikuti proses seleksi.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kesulitan, Anda dapat melihat informasi lengkap melalui instagram @beasiswa_kse dan situs resminya. Selamat berjuang dan semoga sukses. 🙏

You May Also Like