Info Lengkap Beasiswa Hafiz Alquran : Daftar Kampus, Persyaratan dan Benefitnya

Info Lengkap Beasiswa Hafiz Alquran Daftar Kampus, Persyaratan dan Benefitnya

Zona KuliahBeasiswa Hafiz Alquran | Apakah Anda memiliki bakat sebagai hafidz Alquran? Jika ya, Anda beruntung karena ada banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memberikan beasiswa khusus untuk Anda.

Beasiswa hafidz Alquran adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa atau mahasiswa yang memiliki prestasi dalam menghafal Alquran.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2024 : Syarat, Dokumen Penting dan Cara Pendaftaran!

Beasiswa ini biasanya berupa keringanan atau pembebasan biaya kuliah, atau bantuan biaya hidup, tergantung pada kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Nah, Berikut ini kami akan memberikan informasi lengkap Beasiswa Hafiz Alquran mulai dari Daftar Kampus, Persyaratan dan Benefit/manfaat yang didapatkan. Yuk Simak!

Beasiswa Hafiz Alquran

Beasiswa Hafiz Alquran
Beasiswa Hafiz Alquran

Beasiswa hafiz Alquran adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa atau mahasiswa yang memiliki prestasi dalam menghafal Alquran. Beasiswa ini biasanya berupa keringanan atau pembebasan biaya kuliah, atau bantuan biaya hidup, tergantung pada kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Dengan mendapatkan beasiswa hafidz Alquran, Anda tidak hanya dapat menuntut ilmu di bidang yang Anda minati, tetapi juga dapat mengembangkan potensi Anda sebagai hafidz Alquran.

Selain itu, Anda juga dapat berkontribusi dalam menjaga dan menyebarkan nilai-nilai Islam di tengah masyarakat. Tentu saja, ini merupakan kesempatan yang sangat berharga dan tidak boleh disia-siakan.

Namun, untuk mendapatkan beasiswa hafidz Alquran, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi yang Anda tuju. Persyaratan ini dapat berbeda-beda, tergantung pada jumlah juz yang Anda hafal, nilai akademik Anda, dan kriteria lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang beasiswa hafidz Alquran yang tersedia, baik melalui situs web resmi, media sosial, atau sumber lainnya.

BACA JUGA : Beasiswa S1 Telkom University 2024 : Syarat, Benefit dan Cara Pendaftaranya!

Daftar Kampus Beasiswa Hafiz Alquran

Daftar Kampus Beasiswa Hafiz Alquran
Daftar Kampus Beasiswa Hafiz Alquran

Untuk memudahkan Anda, kami telah merangkum beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan beasiswa hafidz Alquran, beserta persyaratan dan benefitnya. Berikut adalah daftar kampus, persyaratan, dan benefitnya:

1. UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta)

UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta) Menawarkan Kesempatan Kuliah Kedokteran Gratis dengan Syarat Hafal 30 Juz Al-Quran: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) UMJ berperan aktif dalam menyediakan tenaga dokter yang sangat dibutuhkan oleh Indonesia, sekaligus berdedikasi untuk melahirkan dokter yang berpegang pada nilai-nilai Islam.

FKK UMJ yang didirikan pada 2003 telah berhasil menghasilkan 1762 dokter lulusan Program Profesi Dokter yang kini berkiprah di berbagai daerah di Indonesia.

Kita semua tahu bahwa kuliah Kedokteran memerlukan biaya yang cukup besar.

Hal ini karena mahasiswa membutuhkan fasilitas dan alat yang mendukung proses belajar.

Saat ini biaya kuliah Prodi Pendidikan Dokter FKK UMJ yang terdiri dari biaya semester dan Biaya Pokok Awal Tahun (BPAT) adalah Rp.400.000.000 yang bisa dicicil dalam 5 semester sebesar Rp. 80.000.000,-

Namun, jangan khawatir, kamu yang memiliki semangat tinggi, masih bisa mengenyam Pendidikan Dokter di UMJ tanpa biaya.

Caranya adalah dengan mengikuti program Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an, yang memberikan Beasiswa penuh bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter yang memiliki hafalan Al-Qur’an 30 Juz.

Untuk mendaftar Prodi Pendidikan Dokter FKK UMJ melalui jalur beasiswa Hafiz Al-Qur’an 30 Juz, kamu bisa melakukan pendaftaran reguler melalui situs web resmi¹.

Kamu akan mengikuti serangkaian tes seleksi masuk Kedokteran yaitu CBT, kesehatan, psikotes, MMPI, wawancara dan tes bacaan Al-Quran.

Setelah dinyatakan lulus dari tahap tersebut, kamu bisa melanjutkan ke tahap seleksi penerima beasiswa hafidz Al-Quran 30 Juz.

Jika kamu lulus dari semua rangkaian tes, maka kamu langsung diterima sebagai mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter FKK UMJ tanpa biaya. Beasiswa berlaku hingga kamu lulus dari Program Profesi Dokter.

Untuk dapat melanjutkan beasiswa hafidz Al-Quran tersebut, setiap semester kamu akan dievaluasi hafalan dan prestasi akademikmu dengan IPK minimum 3.00.

Hafalan tersebut akan tetap diawasi oleh Lembaga Penerapan dan Pengkajian Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) UMJ.

Pada tahun ajaran 2023/2024, ada enam mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter yang mendapatkan beasiswa Hafiz Al-Qur’an 30 Juz di FKK UMJ, yaitu dua mahasiswa dari tiap angkatan.

BACA JUGA : Beasiswa Dinsos Kota Tangerang 2024 : Syarat, Benefit dan Cara Pendaftaranya!

2. Universitas Esa Unggul

Beasiswa Hafidz > 20 juz adalah beasiswa yang ditawarkan bagi lulusan SMA/Sederajat dari seluruh Indonesia yang berprestasi sebagai hafidz lebih dari 20 juz.

Besaran Beasiswa: 100%

Masa Berlaku Beasiswa : Paling lama 8 Semester untuk Program Sarjana dan Paling lama 6 Semester untuk Program Diploma

Persyaratan :

Syarat awal:

Pendaftaran secara online di situs web resmi

Nilai rapor SMU rata-rata minimal 7,5

Hafidz Qur’an > 20 juz

Sertifikat atau Surat Keterangan dari Sekolah/Pondok Pesantren

Rekomendasi dari Sekolah/Pondok Pesantren

Syarat lanjutan:

IPS minimal 3,00

Menjaga kode etik

Tidak boleh cuti selama masa beasiswa.

BACA JUGA : Beasiswa Cipta Pelita Indonesia 2024 : Syarat, Jalur dan Cara Pendaftaran!

3. UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Menyediakan Beasiswa untuk semua Prodi (termasuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi).

Biaya Akademik terdiri dari: (a) Dana Pengembangan; (b) SPP; © biaya wisuda.

Persyaratan :

Hafal Al-Qur’an minimal 15 Juz (menyertakan surat keterangan/Sertifikat Hafidz).

Calon mahasiswa yang berasal dari Sekolah Umum, memiliki prestasi sekolah minimal 10% terbaik.

Seleksi

Surat Keterangan/Sertifikat Hafidz).

Nilai Rapor semester 1-5.

Tes Hafalan Al-Qur’an.

Wawancara Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Rekomendasi dari sekolah atau pondok asal.

Bagi peserta yang lulus wawancara untuk Prodi FK dan FKG akan mengikuti tes CBT.

Bagi peserta dari jalur Ijazah Ujian Paket yang lulus wawancara, harus mengikuti tes CBT.

BACA JUGA :

4. Universitas Islam Sultan Agung

Beasiswa yang diberikan kepada putra-putri calon pendaftar Unissula yang menghafal Al-Qur’an minimal sudah hafal 5 Juz, dengan kriteria sebagai berikut :

a. Hafidz 30 Juz

Keringanan berupa pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi. Kuota Beasiswa ditentukan oleh masing – masing Fakultas

b. Hafidz Minimal 26 – 29 Juz

Keringanan berupa pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan sebesar 80% dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi selain Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan. Kuota Beasiswa ditentukan oleh masing – masing Fakultas.

c. Hafidz Minimal 21 – 25 Juz

Keringanan berupa pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan sebesar 65% dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi selain Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan. Kuota Beasiswa ditentukan oleh masing – masing Fakultas.

d. Hafidz Minimal 16 – 20 Juz

Keringanan berupa pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan sebesar 50% dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi selain Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan. Kuota Beasiswa ditentukan oleh masing – masing Fakultas.

e. Hafidz Minimal 11 – 15 Juz

Keringanan berupa pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan sebesar 35% dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi selain Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan. Kuota Beasiswa ditentutakn oleh masing – masing Fakultas.

f. Hafidz Minimal 5 – 10 Juz

Keringanan berupa pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan sebesar 20% dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi selain Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan. Kuota Beasiswa ditentukan oleh masing – masing Fakultas.

BACA JUGA : Info Lengkap Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI) 2024 : Syarat, Benefit dan Jadwal Pendaftaran!

5. Beasiswa Hafidz UNISBA

Unisba (Universitas Islam Bandung) menawarkan Beasiswa Hafidz untuk mahasiswa baru dari semua program studi jenjang sarjana (S1) di Unisba. Beasiswa Hafidz Unisba berupa biaya pendidikan dan/atau biaya hidup sesuai dengan Peraturan Rektor nomor: 266/M.06/REK/XII/2021 tentang Pemberian Beasiswa Hafidz Al-Qur’an bagi Mahasiswa Program Sarjana (S1) Universitas Islam Bandung.

Ketentuan:

Calon Mahasiswa Baru Unisba Angkatan 2023.

Sudah mendaftar PMB (jalur PMDK atau USM) Tahun Akademik 2023/2024.

Beasiswa diberikan dalam bentuk pembebasan biaya pendidikan, kecuali bagi mahasiswa Program Studi Kedokteran, beasiswa diberikan dalam bentuk Biaya Hidup.

Jumlah juz hafalan Al Qur’an mulai 5 – 30 juz.

Bagi peserta seleksi beasiswa yang lulus seleksi beasiswa, harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:

Menjaga dan meningkatkan hafalan Al-Qur’an serta mengikuti pembinaan yang dilakukan oleh Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Unisba.

Bergabung dengan organisasi mahasiswa Unit Pengembangan Tilawatil Qur’an (UPTQ) Unisba.

Aktif dalam mengikuti lomba dan/atau kegiatan yang mendukung pemeringkatan kemahasiswaan Unisba.

BACA JUGA : Info lengkap Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2024 : Benefit, Syarat dan Cara Daftar!

Persyaratan:

Menyertakan Kartu Peserta PMB (PMDK atau USM).

Menyertakan Sertifikat Hafidz Al-Qur’an dari instansi / lembaga Tahfidz.

Benefit yang Didapat:

Pembebasan Biaya Kuliah bagi penerima beasiswa Hafidz yang berasal dari Fakultas Syari’ah, Dakwah, Tarbiyah dan Keguruan, Hukum, Psikologi, MIPA, Teknik, Ilmu Komunikasi, & Ekonomi dan Bisnis, dengan ketentuan sebagai berikut:

Catatan Penting

Informasi di atas dikutip dari laman resmi kampus masing-masing. Meski begitu, coba konfirmasi kembali mengenai masa berlaku untuk tahun ajaran 2024 dan syarat lainnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi lengkap tentang beasiswa hafidz Alquran yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi dengan beasiswa hafidz Alquran.

Jangan lupa untuk terus mengasah hafalan Alquran Anda dan berdoa agar diberi kemudahan dan kesuksesan. Aamiin.

You May Also Like