PMB Polman Astra 2016-2017

politeknik terbaik di jakarta

Politeknik Manufaktur Astra
POLMAN Astra merupakan politeknik swasta di bawah naungan perusahaan PT Astra International yang ditangani perusahaan anak cabangnya yaitu YABI(Yayasah Astra Bina Ilmu).

Politeknik berbasis Manufaktur ini di dirikan pada tahun 1995 untuk menjawab kebutuhan akan tenaga kerja yang handal dan terampil di berbagai bidang teknik manufaktur.

POLMAN Astra telah membuka peluang lewat beasiswa ini mulai tahun 2009 dan telah menghasilkan banyak Sumber Daya Manusi yang handal dalam bidang manufaktur dan hampir 70% alumni POLMAN Astra dipekerjakan di perusahaan Grup Astra.

POLMAN Astra hanya menyediakan pendidikan jenjang Diploma 3 (D3),lulusan POLMAN Astra yang ingin melanjutkan pendidikan dapat bergabung ke Universitas mana saja baik negeri maupun swasta bahkan juga dapat bergabung ke universitas di luar negeri karena Polman Astra telah terakderitasi oleh BAN-PT.

Jadwal Pendaftaran
1 September 2015 – 17 Januari(Administrasi)


Persyaratan Program Beasiswa
1.Warga Negara Indonesia, usia maksimal 19 tahun, dibuktikan dengan fotokopi akta kelahiran dan kartu keluarga.

2.Lulusan SMA/SMK tahun 2016 atau saat ini sedang menempuh kelas XII (dibuktikan dengan surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2015/2016 yang ditandatangani Kepala Sekolah).

3.Lebih diutamakan siswa SMA jurusan IPA, SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi.

4.Sehat jasmani (tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung) dan rohani serta tidak buta warna.

-Untuk pilihan Konsentrasi Teknik Otomotif (TO) tidak memiliki masalah indra pendengaran.
-Khusus untuk Konsentrasi Teknik Alat Berat (TAB), tidak memiliki masalah indra pendengaran, diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimum 160 cm.

5.Nilai rapor semester 1 s/d 4 kelas X dan Xl berada pada rata rata minimal 8,0 (B+) dan tidak ada nilai di bawah 8,0 (B+), untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris.

6.Penghasilan orangtua maksimal Rp 3.000.000,- dibuktikan dengan surat keterangan penghasilan orang tua atau surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang.

7.Melakukan pendaftaran secara online.

8.Mengunggah pas foto berwarna (bentuk portrait berpakaian formal) dengan ukuran file maksimum 500KB.

9.Mempersiapkan dokumen rekening listrik bulan terakhir (dibawa saat seleksi wawancara).

10.Mempersiapkan dokumen surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2015/2016 (surat diterbitkan bulan Februari 2016 dan dibawa saat seleksi wawancara).

11.Tidak sedang atau akan mendapat beasiswa dari sumber lain.

Persyaratan administrasi ini menjadi acuan utama untuk proses selanjutnya. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan umum akan digugurkan dari proses seleksi.

Tahapan Seleksi
Tahap I : Administrasi
Mulai: 01 September 2015 – 17 Januari 2015
Pengumuman: 20 Januari 2016

Tahap II : Tes Terlulis
Mulai: 23 Januari 2016 – 31 Januari 2016
Pengumuman: 10 Februari 2016

Tahap III : Wawancara
Mulai: 16 Februari – 27 Februari 2016
Pengumuman: 10 Maret 2016

Tahap IV : Tes Kesehatan
Mulai: 11 Maret 2016 – 10 April 2016
Pengumuman: 30 April 2016

Note:Jadwal masih dapat berubah

Tujuan     utama    dari   proses    seleksi   calon   penerima     beasiswa     adalah    untuk memastikan pemberian Beasiswa Prestasi Astra  ini tepat sasaran. Keberhasilan dari program beasiswa ini bukan terserapnya dana yang telah dialokasikan, akan tetapi   tercapainya   bantuan   pembiayaan   studi   bagi   mahasiswa   yang   betul-betul memerlukan.

Seleksi terhadap calon penerima beasiswa akan dilakukan di Kampus Politeknik Manufaktur Astra dan di tempat-tempat di luar Kampus yang telah ditunjuk oleh Politeknik Manufaktur Astra.

Evaluasi Kriteria Seleksi Administrasi
1.Nilai Rapor
Ket:Nilai lebih tinggi, skor lebih besar

2.Prestasi Siswa
Ket:Makin tinggi prestasi yang dicapai, skor lebih besar

3.Asal Sekolah
Ket:Makin tinggi akreditasi sekolah asal, skor lebih besar

4.Penghasilan orang tua
Ket:Penghasilan lebih rendah, skor lebih besar

5.Tanggungan orang tua
Ket:Tanggungan      orang    tua  makin    banyak,    skor  makin besar

Butir-butir evaluasi tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi lapangan,karena beasiswa ini merupakan bantuan biaya studi bagi mahasiswa potensial   tetapi kurang mampu dari segi ekonomi dan faktor geografis, maka butir-butir tersebut merupakan kriteria seleksi yang harus da disamping kriteria yang berlaku di Politeknik Manufaktur Astra.

Bentuk Program Beasiswa
Program Beasiswa Prestasi Astra  ini terdiri dari 2 jenis yaitu Program Beasiswa Penuh dan Program Beasiswa Unggulan, dengan penjabaran sebagai berikut :

1.Program Beasiswa Penuh, diberikan dalam bentuk bebas biaya kuliah selama 3 (tiga) tahun dan pemberian uang saku bagi mahasiswa yang bersangkutan setiap bulannya. Besarnya uang saku ditentukan oleh Surat Keputusan Direktur Politeknik Manufaktur Astra. Politeknik Manufaktur Astra akan melakukan evaluasi terhadap prestasi akademik di tiap semester dan berhak melanjutkan atau memberhentikan pemberian Program Beasiswa Penuh sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

2.Program Beasiswa Unggulan, diberikan kepada calon penerima beasiswa yang telah ikut dalam proses seleksi Program Beasiswa Penuh dan lolos seleksi sampai dengan tahap Wawancara, akan tetapi karena keterbatasan kuota, tidak masuk pada Program Beasiswa Penuh. Program Beasiswa Unggulan diberikan dalam bentuk bebas uang sumbangan pendidikan.

Program(Jurusan)
1.Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi (P4)
2.Teknik Produksi dan Proses Manufaktur(TPM)
3.Mekatronika(MK)
4.Teknik Pengolahan Hasil Peerkebunan Kelapa Sawit(TPHP)
5.Manajemen Informatika(MI)
5.Teknik Otomotif(TO)
6.Teknik Alat Berat(TAB)

Kontak POLMAN ASTRA
Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada website “pmb.polman astra.co.id”
Alamat: Komplek PT ASTRA International Tbk Jl.Gaya Motor Raya No.8 Sunter II
Email:sekretariat@polman.astra.ac.id
Untu mendaftar silahkan klik di sini atau Daftar POLMAN ASTRA

Saya seorang penulis aktif dalam dunia seo dan blogger sejak tahun 2016 hingga saat ini, sudah membuat berbagai jenis konten. situs ini dibuat untuk informasi tentang dunia perkuliahan mulai dari Biaya Kuliah, Beasiswa maupun pengalaman-pengalaman seru didalamnya.

You May Also Like